Ini adalah pertama kalinya Google mengintegrasikan semua informasi dari Facebook ke hasil pencariannya.
Meskipun demikian, informasi tersebut diperbolehkan untuk
berintegrasi dalam batasan yang lebih ketat, bila dibandingkan dengan
posisi Facebook di Microsoft Bing.
Google hanya mampu mengindeks pembaruan status dari halaman Facebook
yakni organisasi, bisnis, selebriti dan band untuk menyebarluaskan
informasi kepada fans secara resmi, dalam kerangka publik.
Bing di sisi lain, memberikan kemampuan untuk mengindeks pembaruan status individual yang diperuntukkan bagi publik.
Hubungan antara Facebook dan Microsoft lebih dekat karena raksasa
teknologi tersebut adalah investor dalam situs jejaring sosial populer
itu dan juga memberikan kekuatan mesin pencari dalam situs jejaring
tersebut.
Meskipun demikian, halaman Facebook akan menjadi fitur yang besar di
mana lebih dari tiga juta pengguna aktif saat ini ada di situs itu dari
total 5,3 miliar fans.
Kepala Operasi Facebook Sheryl Sandberg mengatakan bahwa tidak ada
uang yang digulirkan untuk mengadakan perubahan baik dengan dengan Bing
maupun Google ketika terjadi kesepakatan proses indeks tersebut.
Selama 2009 peningkatan popularitas Twitter membuat kepopuleran
mesin pencari turun. Contohnya selama musim protes di Iran, pencarian
Google di negara tersebut memberikan artikel Wikipedia Iran atau
artikel terbaru mengenai pertikaian yang terjadi.
Tetapi pencarian di Twitter akan lebih menunjukkan berita dari orang
yang ada di jalan Teheran termasuk perkembangan yang lebih baru.
Hal tersebut menuntun Google dan Microsoft Bing untuk berpartner
dengan Twitter, MySpace dan Facebook dalam rangka membuat pencarian
lebih tepat waktu dan relevan.
Kemarin Yahoo juga menandatangani kesepakatan dengan Twitter tidak
hanya dalam pencarian, melainkan integrasi yang lebih dalam dengan alat
dan layanan mikroblogging tersebut.
Baca Juga Yang Lainnya Tentang :