Selasa, 13 April 2010

Cara mengekspresikan EMOSI

Supaya bisa mengekspresikan emosi secara tepat, simaklah beberapa tips di bawah ini:

Tertawa merupakan proses yang spontan, misalnya pas ada kejadian lucu, kita bisa tiba-tiba tertawa. Tapi perhatikan, jangan sampai kita tertawa tanpa sebab, soalnya bisa-bisa disangka orang gila.

Dalam beberapa situasi, tertawa pun perlu ditahan, misalnya di tempat duka cita dan saat upacara bendera. Pada saat-saat seperti ini, tertawa dianggap tidak sopan. Tertawa emang perlu, tapi jangan diumbar sesuka hati.

Hindari tawa pura-pura, yang hanya untuk menyenangkan hati orang lain. Tawa yang tidak tulus bisa membuat kesal dan membahayakan pergaulan. Supaya tidak pura-pura, cobalah selalu menghidupkan suasana senang dalam hati plus berpikiran positif agar kita tidak mudah berprasangka buruk pada orang lain.

Kalau sudah sering berprasangka buruk, bisa-bisa kita jadi pemarah. Kalau sudah marah, biasanya kita jadi lepas kontrol, misalnya mengeluarkan ucapan yang menyakitkan atau memunculkan tindakan kekerasan yang bisa melukai orang lain. Maka dari itu, dalam kemarahan yang memuncak, cobalah menahan diri. Caranya bisa dengan pergi menghindari tempat atau hal yang membuat marah, bisa juga dengan menarik napas dalam (10-15 detik) secara perlahan-lahan.

Kalau perasaan sudah sangat menumpuk hingga kita sudah tidak bisa lagi menahan tangis, nggak perlu malu kalo emang ingin nangis. Tapi, kalau saat itu kita sedang berada di tempat umum, tangisan bisa dikendalikan dengan cara mengonsentrasikan pada hal yang lebih menyenangkan dari pada rasa kesal atau kesedihan yang kita rasakan.

Khusus buat yang susah nangis meskipun perasaan dalam dada sudah tak tertahankan, cobalah berlatih dengan cara membaca atau nonton film yang sad ending, atau dengerin lagu yang menyedihkan. Bisa juga coba dengan cara membayangkan penderitaan orang-orang malang atau pengungsi korban perang. Dijamin deh, air mata pasti bisa mengalir.

Perasaan dan emosi adalah milik semua orang, yang sudah sewajarnya apabila perasaan itu kita terima apa adanya dan diungkapkan secara tepat. Tak ada salahnya jika mulai sekarang kita mencoba untuk mengungkapkan apa yang dirasakan tanpa harus memendamnya, selain menyehatkan tubuh, hal ini dapat membuat hidup terasa lebih menyenangkan. Selamat mencoba! Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka