Sabtu, 27 November 2010

Efek Negatif Bila Terlalu Lama Duduk


TERLALU LAMA DUDUK BISA BERBAHAYA

Kasus duduk terlalu lama yang bisa menyebabkan kehilangan nyawa makin sering terjadi. Padahal kejadian mematikan itu masih bisa dicegah. Apa yang perlu diwaspadai?Simaklah artikel berikut ini...

Di bandara Internasional, umumnya disiapkan klinik siaga untuk menangani kasus sumbatan pembuluh darah balik paru-paru, deep vein thrombosis. Pasien mendadak terserang sesak nafas akibat ada butiran atau bekuan darah yang menyumbat pipa pembuluh darah balik (vena) dari tungkai dan kaki yang menuju ke paru-paru. Sumbatan dadakan itulah yang menyebabkan serangan sesak nafas. Penderitanya bisa meninggal mendadak bila tidak segera ditolong.

TUNGKAI DAN KAKI

Bukan hanya pipa pembuluh nadi arteri yang bisa berkarat, sebagaimana juga lazim pada pembuluh darah jantung dan otak karena lemak dalam darah.
Pembuluh darah balik juga bisa bermasalah. Terbentuk bekuan darah, hasil kumpulan sel-sel yang beresiko untuk luruh, lalu hanyut terbawa aliran darah. Biasanya dari pembuluh darah tungkai dan kaki.
Namun, bukan pembuluh darah balik di permukaan kulit yang beresiko mengalami hal seperti itu, melainkan pembuluh darah balik (vena) di bagian dalam. Oleh karena itu disebut deep vein thrombosis ( DVT ).

Karena sistem pembuluh darah balik itu mengalirkan darah dari bagian tepi tubuh menuju ke paru-paru (darah kotor), jika terjadi luruh dan terhanyutnya butiran atau bekuan darah, bahan penyumbat akan tersangkut di pipa pembuluh darah paru. Sumbatan di sini yang menimbulkan serangan sesak nafas mendadak.
Mekanisme pembentukan butiran atau bekuan darah tentu bukan kejadian satu-dua hari. Prosesnya sudah berlangsung lama, sebelum serangan DVT muncul. Bisa jadi memang sudah ada "bibit" ke arah situ.

Tidak selalu mudah mengetahui seseorang sudah memiliki bibit bakal terhanyutnya bekuan atau butiran darah dari tungkai dan kaki. Tanpa pemeriksaan seksama, belum tentu dikenali. Sepintas tidak dapat dikenali kalau sudah ada gangguan itu di pipa pembuluh darah balik, bila tidak dilakukan pemeriksaan.

ADA BENDUNGAN PEMBULUH BALIK

Jika benar ada pembentukan karat di pipa pembuluh darah balik (thrombotic), berarti aliran darah tidak selancar pada pipa pembuluh darah balik yang masih normal. Tergantung seberapa berat atau tidak lancarnya aliran darah balik menuju ke paru-paru, keluhan mungkin belum begitu berarti.

Pada mereka yang sudah mengalami kondisi sumbatan di lokal pipa pembuluh (post thrombotic syndrome )mungkin hanya muncul keluhan pegal pegal tungkai menahun, kadang pembengkakan tungkai, lekas letih pada tungkai, selain kemungkinan terbentuknya borok di tungkai dan atau kaki yang sulit sembuh ( skin ulcer).
Namun, keluhan seperti tersebut diatas bukan cuma milik kasus pembuluh balik bermasalah saja.Banyak kelainan dan penyakit memunculkan keluhan serupa. Kekurangan vitamin B, gangguan ginjal atau hati, varises, sukar dibedakan dengan sindroma thrombotic ini.

Karena kemungkinan bekuan dan " karat" yang melekat pada dinding pembuluh darah balik itu sewaktu-waktu bisa luruh dan terlepas (embolism), sehingga menjadi venous thromoembolism (VTE), diperlukan obat antibeku darah (antikoagulan). Sekiranya sampai terjadi bekuan atau butiran darah terhanyut, akan segera dilarutkan oleh obat pelarutnya itu, sehingga serangan sesak nafas dapat dibatalkan.

PEMERIKSAAN USG DENGAN DOPPLER

Sekarang dapat lebih dini dikenali adanya gangguan dalam pipa pembuluh darah balik tungkai dan kaki. Caranya, memanfaatkan USG khusus dengan alat doppler.
Sudah terbentuknya thrombotic dapat dideteksi dengan cara ini. Itu berarti bahwa kecolongan terjadinya kasus DVT yang berakhir dengan kematian mestinya dapat diantisipasi, dan dilakukan upaya pencegahan jauh-jauh hari sebelumnya.
Yang beresiko terserang DVT tentu saja mereka yang memiliki kelainan darah ("darah kental"), yang kadar lemak darahnya tinggi, mengidap penyakit metabolisme, sehingga kadar lemak darah tinggi juga perlu lebih mewaspadainya.
Keluhan yang sering muncul di tungkai tanpa penyebab jelas perlu diwaspadai kalau-kalau memang sedang atau sudah ada gangguan di dalam pipa atau pembuluh darah balik tungkai dan kaki. Mereka ini tergolong beresiko dan memerlukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kalau benar tengah mengidapnya.

BETAH DUDUK

Disarankan untuk tidak duduk terlalu lama. Terlebih dengan posisi duduk bersempit-sempitan. Mengingat kasus seperti ini lebih sering terjadi di pesawat lintas benua kelas ekonomi ( karena kursinya sempit dan susah selonjor/ meluruskan kaki ), penumpangnya perlu lebih sering rehat berdiri beberapa jam.
Di kabin pesawat juga ada panduan untuk itu. Setiap satu-dua jam biasakan untuk bangkit berdiri dari posisi duduk. Lakukan pergerakan tungkai dan kaki sambil berjalan mondar mandir di ruangan kabin pesawat. Maksudnya agar tidak sampai terjadi aliran darah yang tidak lancar, selama dalam posisi duduk tanpa bergerak.

Dalam posisi duduk di kursi sempit, sehingga tungkai dan kaki sukar berubah posii atau digerak-gerakkan, kondisi pipa pembuluh darah balik terancam, aliran darahnya mengalir dengan kederasan yang sama lemahnya. Jika kondisi darahnya dan atau dinding pipa pembuluh darah baliknya beresiko untuk terjainya DVT, posisi duduk lama itulah yang menjadi pemicunya.
hal yang sama juga dapat terjadi selama bekerja di kantor atau di rumah yang mengharuskan duduk berlama-lama. Perlu bangkit dari posisi duduk, dan selama duduk posisi tungkai dan kaki diubah-ubah atau digerak-gerakkan, agar tidak terpicu kejadian DVT.

TEHNIK MELARUTKAN BEKUAN

Bila sudah terlanjur terjadi serangan trombosis, dapat dilakukan tindakan untuk mengangkat bekuan trombusnya itu. pada kasus serangan trombosis dadakan (acute venous thrombosis ) dapat dilakukan tindakan menggunakan selang kateter ( ATTRACT=thrombosis removal with adjunctive chateter directed thrombolysis). Selang dimasukkan langsung ke dalam pembuluh balik, dan obat larutnya diberikan sekaligus ke dalam pipanya.

Melihat makin banyaknya kasus DVT sekarang ini, khususnya di bandara, hendaknya saat turun dari pesawat terbang, kehati-hatian perlu lebih ditingkatkan.
Di Amerika Serikat tercatat tidak kurang ada 100.000 kasus DVT setiap tahunnya ( Dr. Steven Galson ).
Mengingat upaya pencegahan dapat dilakukan, pihak medis tidak perlu sampai kecolongan hingga menelan korban jiwa.
Ungkapan " kalau sudah duduk lupa berdiri" sebagai sindiran politik buat kalangan eksekutif, ternyata juga punya makna medis . Menduduki posisi, maupun duduk dalam arti sesungguhnya, betul tidak boleh terlalu lama, apalagi berlama-lama.



Semoga bermanfaat, salam hangat.
Sumber:GHS

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Jumat, 26 November 2010

Pengertian Jihad Di Dalam Islam



JIHAD DI DALAM ISLAM
BAB I
JIHAD DI DALAM ISLAM

Sejarah Islam telah membuktikan bahawa jihad adalah merupakan asas kepada pembentukan dan kemajuan tamadun Islam di dunia untuk mencapai kejayaan yang sebenar di akhirat. Perkataan jihad adalah merupakan suatu istilah yang mempunyai pengertian yang luas yang meliputi seluruh aspek kehidupan kaum muslimin samada dari segi ekonomi, sosial, politik, pendidikan, ibadat, ketenteraan, kekeluargaan dan seterusnya, selari dengan konsep dan falsafah agama Islam itu sendiri yang dilihat sebagai suatu al-Din atau cara hidup yang syumul yang merangkumi segenap aspek kehidupan manusia. Jihad adalah semata-mata untuk menegak dan meninggikan kalimah Allah dan agamaNya sehingga mengatasi agama, sistem hidup dan kepercayaan yang lain. Dengan kata lain, jihad kerana agama adalah jihad yang tertinggi martabatnya yang dituntut keatas setiap peribadi muslim untuk melaksanakannya dan bersatu untuk tujuan tersebut sekalipun terpaksa mengorbankan harta dan jiwa raga mereka. Firman Allah SWT dalam surah al-Taubah ayat 88 yang bermaksud “Sesungguhnya Rasullullah dan orang-orang yang beriman bersamanya, telah berjihad dengan harta benda dan jiwa mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat kebaikan dan mereka itulah orang-orang yang berjaya”





A. Definasi Jihad


Dari sudut bahasa, jihad adalah perkataan Arab yang berertinya kegigihan ataupun kesungguhan. Kata asalnya ialah jahada iaitu mengembelingkan segala tenaga dan keupayaan yang ada dengan gigih. Berdasarkan kepada makna literal kalimah jihad ini bolehlah dikatakan setiap kesungguhan untuk mencapai sesuatu objektif itu dikira sebagai jihad. Ibn Naqib al-Misri mengatakan perkataan jihad berasal daripada mujahadah yang bermakna muqatalah atau peperangan untuk menegakkan agama.


Manakala dari segi syarak pula al-Bahuti mendefinasikan Jihad sebagai berperang dengan orang kafir atau memerangi orang kafir yang tidak membuat perjanjian damai dengan orang Islam bagi meninggikan kalimah Allah. Walaubagaimana pun para ilmuan Islam secara keseluruhannya menyatakan bahwa berperang itu tidak semestinya dalam bentuk fizikal atau pun ketenteraan, malah ianya juga boleh dilancarkan dalam segala macam bentuk dan medium yang baik yang di bolehkan oleh undang-undang Islam.





B. Konsep Jihad di Dalam Islam


Di dalam Islam, jihad itu adalah bertujuan untuk membangunkan masyarakat berdasarkan shariah Islam, memelihara dan memastikan maslahat masyarakat Islam dan manusia keseluruhannya agar terbela diatas prinsip keadilan yang telus. Jihad juga berperanan untuk memastikan ketinggian agama Allah swt supaya ianya dapat disampaikan secara terbuka kepada manusia tanpa dihalang oleh sesiapa. Pengembelingan usaha samada dalam bentuk tenaga, wang ringgit, fikiran ataupun kepakaran malahan jiwa dan raga sekalipun adalah perlu untuk memastikan ketiga-tiga perkara yang tersebut diatas terbela dan tidak diperkotak katikkan oleh musuh-musuh Islam. Kegigihan usaha dan pengorbanan yang dibuat oleh seseorang Muslim, masyarakat atau negara Islam untuk mengujudkan ketiga-tiga perkara tersebut diistilahkan sebagai jihad. Sekiranya ketiga-tiga perkara diatas tergugat, maka usaha untuk mengembalikannya semula juga disebut sebagai Jihad. Manakala orang-orang Islam yang terlibat dalam usha tersebut dikenali sebagai Mujahid.


Tuntutan berjihad secara umumnya adalah fardu kifayah iaitu kewajipan yang tidak memerlukan setiap orang Islam melaksanakannya, cukuplah apabila ianya telah dilaksanakan oleh sebahagian daripada mereka. Tetapi sekiranya tiada yang melaksanakan kewajipan itu maka keseluruhan masyarakat Islam itu dikira telah berdosa. Ini berdasarkan firman Allah dalam ayat 122 surah al-Taubah yang bermaksud “Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu’min itu pergi semuanya (kemedan perang).”


Namun begitu dalam keadaan tertentu, tuntutan berjihad itu adakalanya boleh bertukar menjadi fardu ain iaitu kewajipan yang mesti dilaksanakan oleh setiap individu Muslim. Keadaan ini boleh berlaku sekiranya timbul sesuatu perkara yang hukumnya adalah wajib tetapi masih terhalang pelaksanaanya kerana disebabkan oleh halangan-halangan tertentu. Dengan sebab ketiadaan pelaksanaan hukum tersebut, telah dipastikan ianya akan memudaratkan masyarakat Islam serta menjadikan mereka dalam keadaan berdosa besar, maka ketika itu tuntutan berjihad telah menjadi seruan yang mesti dipenuhi oleh setiap individu Muslim yang berada di dalam persekitaran tersebut. Tuntutan berjihad bukanlah ertinya ia meminta setiap individu Muslim itu melakukan perkerjaan yang sama semata-mata untuk mencapai matlamat yang dikehendaki. Untuk meningkatkan ekonomi umpamanya, tidaklah perlu semua orang Islam itu membuka kedai dan berniaga serta menceburkan diri dalam dunia korporat. Mengajar dan mendidik masyarakat di institusi pengajian rendah mahupun tinggi dengan harapan ianya akan melahirkan seorang ushawan yang baik juga dikira telah menunaikan tuntutan jihad tersebut dan begitulah seterusnya.


Dengan kata lain, kesedaran dan kefahaman tentang tuntutan untuk berjihad yang disusuli dengan pengembelingan usaha yang berterusan untuk merealisasikan tuntutan Islam adalah amat penting agar setiap usaha yang bakal di lakukan adalah berasaskan kepada perancangan dan strategi yang terbaik. Firman Allah SWT dalam surah al-Taubah ayat 122 yang bermaksud “Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu’min itu pergi semuanya (kemedan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka itu beberapa orang untuk mendalami ilmu pengetahuan tentang agama agar mereka dapat memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya supaya mereka itu dapat menjaga diri mereka”.


Islam juga dengan jelas meletakkan prinsip bahawa berjihad itu adalah untuk hidup dan bukannya untuk mencari maut sekalipun dalam berjihad itu adakala atau selalunya berlaku kematian dan terkorbannya harta benda dan juga anak pinak. Orang-orang Islam yang mati dalam berjihad disebut al-Syahid. Firman Allah SWT ayat 169-171 dalam surah al-Imran yang bermaksud “ Janganlah kamu menyangka orang-orang terbunuh ketika berperang di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu sebenarnya hidup di sisi tuhan mereka dan masih di berikan rezeki. Mereka bergembira dengan apa yang diberikan oleh Allah di atas semua pemberian. Mereka juga di berikan khabar gembira dengan nikmat dari Allah dan segala kelebihan. Bahawasanya Allah tiada akan mensia-siakan pahala orang-orang yang beriman.”


Islam juga menetapkan bahawa jihad itu hendaklah dilaksanakan kerana Allah serta untuk mendapatkan keredaanNya semata-mata sebagaimana dalam perkara-perkara ibadah yang lain. Memperjuangkan bangsa semata-mata kerana bangsa umpamanya adalah tidak dibenarkan oleh Islam dan ianya tidak di kira sebagai jihad sekalipun ramai yang menyertainya dan mereka yang mati atau terkorban tidak akan di anggap sebagai al-Syahid.


Islam juga mengecualikan mereka yang tidak berupaya daripada menyahut seruan jihad ketenteraan sebagaimana firman Allah SWT dalam ayat 19 surah al-Taubah yang bermaksud “ Tiada dosa (lantaran tidak pergi berjihad atau menyertai peperangan) atas orang-orang yang lemah, atas orang-orang yang sakit dan atas orang-orang yang tidak memperolehi apa yang akan mereka nafkahkan.” Kanak-kanak juga dikecualikan sebagai Rasullullah pernah menghalang Ibnu Umar untuk pergi berperang di Medan Uhud kerana ketika itu Ibnu Umar masih belum dewasa. Mereka-mereka yang mempunyai ibubapa yang uzur dan perlukan perhatian yang rapi juga tidak diwajibkan untuk keluar ke medan jihad. Al-Bukhari meriwayat sebuah hadith yang bermaksud “Seorang lelaki telah berjumpa Rasulullah lalu meminta izin untuk berjihad. Lalu Rasulullah bertanya “Adakah kedua ibubapa kamu masih hidup? Dia menjawab: Ya! Rasulullah pun berkata: Minta izin dari keduanya dan barulah pergi berjihad.” Hadith ini menunjukkan berbakti kepada kedua ibu bapa adalah lebih perlu dan ianya juga dikira sebagai jihad. Namun sekiranya mereka menigizinkan anak-anak mereka keluar untuk berjihad maka ketika baru boleh si anak tersebut boleh pergi ke medan peperangan.





C. Kategori Jihad


Disebabkan istilah jihad ini sering disama ertikan dengan operasi ketenteraan maka adalah lebih mudah sekiranya jihad itu dibahagikan kepada dua kategori. Yang pertamanya ialah usaha dan operasi ketenteraan dan keduanya ialah usha dan operasi pembangunan kemanusiaan samada dari aspek rohani mahupun lahiriyyah. Kedua-dua bentuk operasi ini adalah jihad sekiranya ia dibuat semata-mata kerana untuk menegakkan kebenaran, keadilan sebagaimana yang diperintah oleh Allah SWT.


Namun ada juga yang membahagikan jihad ini kepada beberapa bahagian lain. Said Hawwa umpamanya mengkategorikan jihad kepada lima kategori iaitu jihad lisan, jihad pendidikan, jihad dengan tangan dan diri, jihad politik dan akhirnya jihad harta.


Manakala Naim Yassin pula membahaskan jihad berdasarkan kepada beberapa klasifikasi iaitu jihad menentang hawa nafsu, jihad menentang syaitan, jihad menentang orang-orang kafir, jihad memerangi orang-orang munafik, jihad menentang orang-orang zalim dan fasik yang juga menurut beliau disebut sebagai al-amru bil ma’ruf wa nahyu anil mungkar iaitu menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.


Ada juga yang berpandangan bahawa istilah jihad itu digunakan apabila adanya pertentangan dan pertembungan antara orang-orang Islam dan kafir. Manakala sekiranya pertembungan itu adalah sesama Islam maka operasi tersebut adalah al-amru bil ma’ruf wa nahyu anil mungkar iaitu operasi menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.


Daripada apa yang disebut diatas boleh disimpulkan bahawa kategori jihad itu boleh juga diklasifikasikan mengikut maqasid al-Syariah iaitu matalamt perundangan Islam yang menitikberatkan lima perkara mengikut imam al-Syatibi iaitu memelihara agama, jiwa, keturunan dan maruah diri, harta dan akal. Kelima lima perkara tersebut adalah maruah yang wajib dipelihara dan dipertahankan oleh seseorang Islam. Termasuk dalam harta ialah negara umat Islam. Jadi usaha memaju dan mempertahankannya adalah sebahagian daripada jihad.





D. Kepentingan Jihad


Kepentingan jihad adalah begitu ketara sekali kepada kehidupan masyarakat Islam setelah kita memahami konsep jihad dan tuntutan Islam sebagaimana yang telah dibincangkan sebelum ini. Walau bagaimanapun, Islam mengkehendaki setiap usaha yang di lakukan oleh umatnya untuk berjihad mestilah berlandaskan kepada proriti dan strategi serta kesabaran yang tinggi lebih-lebih lagi di ketika ini dimana umat islam telah kembali ke dalam keadaan dagang dan terpencil dibumi sendiri. Sekiranya imperialis barat dan sekutunya telah berusha berkurun-kurun lamanya untuk menakluki tamadun Islam, maka begitu jugalah sepatutnya umat Islam hari ini tidak harus jemu meneruskan usaha untuk melepaskan diri mereka dari cengkaman penjajahan baru yang datang dalam pelbagai wajah, nama dan bentuk sekalipun ianya juga akan menelan masa yang berkurun lamanya.


Hamdi Irfan dalam bukunya “ Jihad” telah membangkitkan suatu persoalan apakah prioriti yang perlu diambil oleh kaum muslimin pada hari ini yang pada realitinya amat lemah dari semua segi. Bagi beliau, penyusunan semula terhadap persepsi jihad adalah amat diperlukan supaya keinginan masyarakat islam untuk syahid didalam peperangan ditukarkan kepada keinginan untuk syahid semasa menegakkan kekuatan ekonomi dan perpaduan umat Islam yang di lihatnya sebagai inspirasi dan asas untuk pengukuhan semula tamadun Islam di era globalisasi ini. Dengan itu akan membolehkan umat Islam lebih berupaya untuk mempertahankan diri mereka dari ditakluki oleh neo-imperialis barat yang semakin mengancam dunia Islam. Oleh itu sebarang kefahaman yang ekstrim terhadap istilah jihad perlu ditangani dengan sebaik yang mungkin agar ianya tidak mengugat kestabilan dalaman umat Islam.


Strategi dan penyusunan masyarakat untuk berjihad dan mengembalikan kegemilangan tamadun Islam mestilah menyusuri Sunnah Rasullullah. Suasana ketika kebangkitan Baginda untuk memimpin suatu masyarakat yang jauh ketinggalan dari segi ekonomi dan politik serta tidak mempunyai apa-apa kekuatan kecuali perbalahan dan perpecahan sesama sendiri, tidak banyak bezanya dengan keadaan realiti umat Islam hari ini. Mereka dulunya juga tidak menguasai kepakaran “mass production” atau “revolusi industri sebagaimana orang-orang Islam masa kini. Oleh itu untuk membangun kembali, tidak salah sekiranya strategi yang sama diguna pakai dan di adunkan semula untuk menghasilkan strategi yang lebih fleksible dengan suasana semasa. Keimanan, kecintaan dan penyerahan diri yang sepenuhnya kepada Allah, Rasulullah dan pemimpim yang beriman adalah strategi asas untuk berjaya. Manakala strategi teknikal yang lain, ianya adalah terpulang kepada kebijaksanaan pemimpin semasa untuk menentukannya. Kombinasi dua strategi yang tersebut diatas, adalah faktor utama kejayaan umat Islam dalam berjihad. Sekiranya dalam sains dan teknoloji, sejarah telah membuktikan umat Islam telah terlebih dahulu maju mengatasi umat lain. Dalam ekonomi, sejarah juga telah membuktikan bahawa negara dan orang-orang Islam suatu ketika dulu kaya dan mewah sehingga tiada yang layak untuk menerima zakat kerana peningkatan per kapita ekonomi negara yang tinggi dan konsisten. Begitulah juga dalam perkara lain, jihad adalah asas kepada ketinggian tamadun Islam. Dengan itu jelaslah kalau dulu Islam boleh memimpin suatu masyarakat kolot yang tenggelam didalam alam kejahilannya untuk menjadi peneraju tamadun Islam yang canggih maka begitu jugalah dimasa kini, umat Islam mampu kembali menjadi sebuah tamadun yang maju, berdaya saing dan disegani oleh dunia apabila konsep jihad yang pelopori oleh Rasulullah diaplikasikan kembali.





BAB II


PENUTUP


Kesimpulannya, untuk mengembalikan kegemilangan tamadun Islam agar ianya berdiri gagah dan sama tinggi dengan tamadun sains dan teknologi di era globalisasi ini, kefahaman yang tepat mengenai jihad hendaklah ditanam dalam jiwa setiap umat Islam yang kini semakin lesu dibuai kenangan manis peninggalan silam dan khayalan dunia modern. Sebaliknya mereka mestilah bangun sebagaimana umat Islam dulunya berani bangun berjuang dan berjihad dengan cara yang penuh strategi dan terancang tanpa menghiraukan celaan dan cercaan musuh. Firman Allah dalam Surah al-Saff ayat 10-11 “Wahai orang-orang beriman, mahukah Aku tunjukkan satu perniagaan yang dapat menyelematkan kamu dari azab yang pedih. Berimanlah kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan diri kamu dan yang demekian itu lebih baik jika kamu mengetahui.”

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)




A. Pengertian Ham.

Ham adalah hak yang melekat pada diri manusia yang bersipat kodrati dan fundamental sebagai suatu anugerah Allah yang harus dihormati, dijaga dan dilindungi oleh setiap indipidu, masyarakat / negara.

Hakekat Ham merupakan upaya menjaga keselamatan eksistensi manusia secara utuh melaui aksi keseimbangan, yaitu keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta keseimbangan antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan umum. Begitu juga upaya menghormati, melindungi dan menjunjung tinggi Ham, menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama antara individu, pemerintah (aparatur pemerintahan, baik sipil maupun militer) dan negara.

Berdasarkan rumusan Ham, ada beberapa ciri pokok hakikat Ham, yaitu:

- Ham tidak perlu diberikan, dibeli ataupun diwarisi. Ham adalam bagian dari manusia secara otomatis.

- Ham berlaku untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin, ras, agama, etnis, pandangan politik atau asal-usul soaial dan bangsa.

- Ham tidak bisa dilanggar. Tidak seorangpun mempunyai hak untuk membatasi atau melanggar hak orang lain.

B. Perkembangan Pemikiran HAM

1. Perkembangan Pemikiran HAM Secara Umum

Keberadaan Ham tidak terlepas dari pengakuan terhadap adanya hukum alam (natural law) yang menjadi cikal bakal bagi kelahiran Ham. Hukum alam menurut Marcus G Singer merupakan suatu konsep dari prinsip-prinsip umum moral dan sistem kadilan dan berlaku untuk seluruh umat manusia. Stoa menegaskan bahwa hukumalam diatur berdasarkan logika manusia, karenanya manusia akan mentaati hukum alam tersebut. Seperti diakui Aristoteles, bahwa hukum alam merupakan produk rasio manusiademi terciftanya keadilan abadi.

Salah satu muatan hukum adalah hak-hak pemberian dari alam (natural right), karena dalam huku alam ada sistem keadilan yang berlaku universal. Dengan demikian, masalh keadilan yang merupakaninti dari hukum alam menjadi pendorong bagi upaya penghormatan dan perlindungan harkat dan martabat kemanusiaan universal.

Pada umumnyapara pakar di eropa berpendapat ahwa lahirnya HAM di kawasan eropa dimulai dengan lahirnya magna charta yang antara lain memuat pandangan bahwa raja yang tadinya memiliki kekuasan absolut (raja yang menciftakan hukum, tetapi ia sendiri tidak terikat dengan hukum yang dibuatnya), menjadi dibatasi kekuasaannya dan mulai dapat diminta pertanggung jawabannyadi muka hukum. Magna charta telah menghilangkan hak obsolutisme raja. Sebab itu mulai dipraktikkan kalau raja melanggar hukum harus diadili dan mempertanggung jawabkankebijakan pemerintahannya kepada parlemen.

Perkembangan HAM selanjutnya ditandai dengan munculnya the Amerikan Declaration of Independence yang lahir dari paham Rousseau dan montesquieu. Mulsilsh dipertegas bahwa manusia adalh merdeka sejak di dalm perut ibunya, sehingga tidaklah logis bila sesudah lahir ia harus dibelenggu. Selanjutnya pada tahun 1989 lahirlah The French Declaration (deklarasi Perancis), dimana ketentuan tentang hak lebih dirinci lagi sebagaimana dimuat dalam The Rule of Low yang antara lain berbunyi tidak boleh ada penangkapan dan penahanan yang semena-mena, termasuk penangkapan tanpa alasan yang sah dan penahanan tanpa surat perintahj yang dikeluarkan oleh pejabat yang sah. Dalam kaitan itu berlaku prinsif presumption of innocent, artinya orang-orang yang ditangkap kemudian ditahan dan dituduh berhak dinyatakan tidak bersalah sampai ada keputsan pengadilan yang berkuatan hukum tetap yang menyatakan bersalah.

Perkembangan yanmg lebih signifikan adalah dengan kemunculan The Four Freedoms dari presiden Rooseveit pada tanggal 6 januari 1941.

Berdasarkan rusan di atas, ada empat hak yaitu:

- Hak kebebasab berbicara dan menyatakan pendapat .

- Hak kebebasan memeluk agama dan beribadah sesuai demngan ajaran agama yang dipeluknya.

- Hak kebebasan dari kemiskinan dalam pengertian setiap bangsa berusa mencapai tingkat kehidupan yang damai dan sejahtera bagi penduduknya.

- Hak kebebasan dari ketakutan, yang melliputi usaha, penyerangan, persenjataan , sehingga tidak satupun bangsa (negara) berada dalam posisi berkeinginan untuk melakukan serangan terhadap negara lain.

Pemikiran HAM terus terus berlangsung dalam rangka mencari perumusan HAM yang sesuai dengan konteks ruang dan zamannya. Secara garis besar perkembangan pemikiran HAM dibagi pada empat generasi:

Generasi pertama: Pengertian HAM hanya berpusat pada bidang hukum dan politik. Fokus pemikiran HAM generasi pertama pada bidang hukum dan politik disebabkan oleh dampak dan situasi perang dunia II, terorisme dan adanya keinginan negara-negara yang baru merdeka untuk mendapatkan suatu tertib hukum yang baru.

Generasi kedua: Berpikiran HAM tidak hanya menunutut hak yuridis melainkan juga hak-hak sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Generasi ketiga: Keadilan dan pemenuhan hak azasi manusia dimulai sejak mulainya pembangunan itu sendiri, bukan setelah pemangunan itu selesai. Agaknya pepatah-pepatah kono "justice delayed, justice deny" tetap berlaku untuk kita semua.

Generasi keempat: Pemikiran HAM generasi keempat dipelopori oleh negara-negara di kawasan Asia yang pada tahun 1983 melahirkan deklarasi hak azasi manusia yang disebut declaration of the basic duties of Asia people and goeverment. Deklarasi inilebih maju daripada dari rumusan, karena tidak saja mencakup tuntutan struktural tetapi juga berpihak kepada terciftanya tatanan sosial yang berkeadilan.

Beberapa masalah dalam deklarasi ini yang terkait dengan HAM dalam kaitan dengan pembangunan sebagai berikut:

a) Pembangunan berdikari (self develoment)

Pembangunan yang dilakukan adalah pemangunan yang membebaskan rakyat dan angsa dari ketergantungan dan sekaligus memberikan kepada rakyat sumber-sumber daya sosial, ekonomi, relokasi dan redistribusi kekayaan dan modal nasional haruslah dilakukan dan sudah waktunya sasaran pembangunan itu ditujukan kepada rakyat banyak di pedesaan.

b) Perdamaian

Masalah perdamaian tidak semata-mata berarti anti perang, anti nuknir dan anti perang bintang. Tetapi justru lebih dari itu suatu upaya untuk melepaskan diri dari budaya kekerasan (culture of violence) dalam segala bentuk tindakan. Hal itu berarti penciftaan udaya damai (culture of peace) menjadi tugas semua pihak, baik rakyat, negara, regional maupun dunia internsionsl.

c) Partisipasi Rakyat

Soal partisipasi rakyat adalah suatu persoalan hak azasi manusia yang sangat mendesak untuk terus diperjuangkan, baik dalam dunia politik maupun dalan persoalan pulik lainnya.

d) Hak-hak Budaya

Di beberapa masyarakat menunjukkan tidak dihormatinya hak-hak budaya, terasa begitu juaga adanya upaya dan kebijakan penyeragaman terhadap hak azasi berbudaya. Karena mengarah ke penghapusan kemajemukan budaya (multikulturalisme) yang menjadi identitas kekayaan serta komunitas warga dan bangsa.

e) Hak Keadilan Sosial

Masalah keadilan sosial ini seharusnya tidak perlu ditulis lagi tetapi karena dalam suatu negara tetap masih jauh dari pencerminan kadilam sosia, maka harus diingatkan terus sebagai suatu tuntutan warga dan bangsa.

C. Perkembangan Pemikiran HAM di Indonesia

1. Periode Sebelum Kemerdekaan ( 1908 – 1945)

Pemikiran HAM Boedi Oetomo dalam konyteks pemikiran HAM, para pemimpin Boedi Oetomo telah memperlihatkan danya kesadaran berserikat dan mengeluarkan pendapat melalui petisi-petisi yang ditujukan kepada pemerintah kolonial maupun dalam tulisan yang dimuat surat kabar Goeroe Desa. Bentuk pemikiran HAM Boedi Oetomo dalam bidang hak kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat.

Pemikiran HAM dalam pantai-partai komonis diIndonesia sebagai partai yang berlandaskan paham Markisme lebih condong pada hak-hak yang bersipat soisal dan menyentuh isu-isu yan berekenaan dengan alat pruduksi.

Pemikiran HAM yang paling menonjol pada indisthe partij adalah hak untuk mendapatkan kemerdekaan serta mendapatkan perlakuan yang sama dan kemerdekaan.

Perdebatan pemikiran HAM yang terjadi dalam sidang BPUPKI berkaitan dengan masalah hak persamaan kedudukan di muka hukum, hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, hak untuk memeluk agama dan kepercayaan, hak berserikat, hak berkumpul, hak mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan.

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

pancasila dan uud 1945 di Indonesia


Undang-Undang Dasar 1945 dirancang sejak 29 Mei 1945 sampai 16 Juni 1945 oleh Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( BPUPKI ) yang beranggotakan 21 orang, diketuai Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil ketua dengan 19 orang anggota yang terdiri dari 11 orang wakil dari Jawa, 3 orang dari Sumatera dan masing-masing 1 wakil dari Kalimantan, Maluku, dan Sunda Kecil.

Badan ini kemudian menetapkan tim khusus yang bertugas menyusun konstitusi bagi Indonesia merdeka yang kemudian dikenal dengan nama Undang-Undang 1945 ( UUD ‘45 ). Para tokoh perumus itu adalah : dr. Radjiman Widiodiningrat, Ki Bagus Hadikoesoemo, Oto Iskandardinata, Pangeran Purboyo, Pangeran Soerjohamidjojo, Soetardjo Kartohamidjojo, Prof. Dr. Mr. Soepomo, Abdul Kadir, Drs. Yap Tjwan Bing, Dr. Mohammad Amir ( Sumatera ), Mr. Abdul Abbas ( Sumatera ), Dr. Ratulangi, Andi Pangerang ( keduanya dari Sulawesi ), Mr. Latuharhary, Mr. Pudja ( Bali ), A H. Hamidan ( Kalimantan ), R.P. Soeroso, Abdul Wachid Hasyim dan Mr. Mohammad Hassan ( Sumatera ).

Latar belakang terbentuknya UUD 1945 bermula dari janji Jepang untuk memberikan kemerdekaan bangsa Indonesia di kemudian hari. Janji tinggalah janji, setelah Jepang berhasil memukul mundur tentara Belanda, malah mereka sendiri yang menindas kembali bangsa Indonesia, bahkan lebih sadis dari sebelumnya.
Dan pada zaman sekarang kita hanya menikmati kemerdekaan, unutk itu apa yang seharusnya mesti kita lakukan untuk menyukuri anugerahakemerdekaan ini ? salah satunya adalah dengan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945.

PRAKTEK PELAKSANAAN UUD 1945

A. Arti Dan Makna Pembukaan UUD 1945
Apabila kita benar-benar ingin melaksanakan Undang-Undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuen, kita tidak saja harus melaksanakan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam pasal-pasal dari batang tubuh ( isi ) Undang-Undang Dasar 1945 itu tetapi juga harus secara konsekuen melaksanakan ketentuan-ketentuan yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 itu. Oleh karena Pembukaan UUD 1945 adalah bagian mutlak yang tak dapat dipisahkan dan merupakan satu keseluruhan ( totalitas ) dengan konstitusi Indonesia tahun 1945 tersebut.

Malahan Pembukaan dan Isi UUD 1945 itu telah disahkan oleh PPKI pada waktu yang bersamaan pada tangal 18 Agustus 1945 dan telah diumumkan bersama-sama dalam Berita Republika Indonesia ke II ( 1964 ) Nomor 7.

Apabila konstitusi RIS 1949 dan UUDS RI 1950 didahului oleh sebuah kata pengantar yang disebut Mukadimah, maka UUD 1945 tidak memakai istilah Mukadimah ini, melainkan memakai istilah yang sederhana ‘Pembukaan”.

Kedua istilah ( Pembukan dan Mukadimah ) mengandung maksud yang sama ialah sebagai kata pengantar ( Preambule ) dari UUD selain itu baik Pembukaan maupun Mukadimah dalam garis besarnya mengandung pokok-pokok pikiran dan memuat kaidah-kaidah fundamental dari Negara Republik Indonesia yang sama pula.

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Kamis, 25 November 2010

tips cara cepat mengetik 10 jari, Siapa Takut!!!


cara cepat mengetik 10 jari

Setiap hari kita selalu berhadapan dengan yang nama nya komputer untuk mengetik ataupun untuk bermain.. dan sering kali kita menggunakan keyboard untuk berbagai hal. Misalnya untuk menulis surat, menulis nama, chatingan.. ataupun yang laen.. tapi sadarkah bahwa jari yang di pakai untuk mengetik itu selalu sama dan biasanya orang hanya menggunakan 7 jari saja untuk mengetik cepat.. Sebagai bukti aku yakin teman2 pasti jarang bahkan tidak pernah menggunakan jempol untuk mengetik padahal jempol akan sangat berguna jika di fungsikan dengan tepat dan sepuluh jari kita mempunyai tugas nya masing2 untuk mengetik.



Pertama untuk mahir mengetik 10 jari, terlebih dahulu kita harus tahu posisi jari yang tepat. Lihat gambar dibawah ini :


Tangan Kiri

Jari Kelingking :
Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows

Jari Manis :
Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X

Jari Tengah :
Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C

Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B

Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi

Tangan kanan

Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi

Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M

Jari Tengah :
Baris Pertama = 8
Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,

Jari Manis :
Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking :
Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = , ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan.

Coba saja mengetik asal-asalan untuk membiasakan diri dengan posisi jari tersebut. Jika sudah terbiasa dengan posisi jari tersebut, anda dapat meningkatkan skill anda dengan mengecek speed mengetik pada http://indonesian-speedtest.10-fast-fingers.com/
di situs ini anda akan tau seberapa cepat anda mengetik 
 
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Jenis Makanan Beracun Yang Sering kita Konsumsi


10 makanan beracun yg sering kita makan

1. Tomat
Banyak diantara kita yang tidak tau bahwa tomat ternyata beracun. Walau buah tomatnya sendiri tidak beracun, tetapi daun dan ranting tanaman tomat mengandung glycoalkaloid yang bisa mengakibatkan sakit perut dan gugup. Daun dan ranting tomat bisa digunakan dalam memasak, tapi tidak bisa dimakan. Glycoalkaloid ini adalah racun yang kuat yang bahkan digunakan untuk mengontrol pes.
2. Apel

Apel sangatlah terkanal sebagai buah yang enak dan sehat tetapi taukah anda bahwa apel mengandung Cyanide/ sianida, walaupun hanya dalam jumlah sedikit. Kandungan sianida ini terdapat di dalam biji apel. Walaupun memakan semua biji yang ada dalam 1 apel tidak akan mematikan, tetapi adalah sesuatu hal yang harus dijauhi. Karena bila anda memakannya dalam jumlah tertentu, akan mengakibatkan komplikasi
3. Cheri

Cheri adalah makanan yang bisa dimakan paling bervariasi. Bisa dimakan mentah, dibakar, dijadikan manisan, bahkan di dalam minuman keras. Walaupun Cheri terkenal enak, buah ini mengandung racun hidrogen sianida. Kalau pip cheri ini terkunyah atau hancur secara tidak sengaja, ia akan mengeluarkan hidrogen sianida. Keracunan hidrogen sianida dalam dosis kecil akan mengakibatkan pusing, kebingungan, dan muntah. Keracunan dalam dosis yang besar akan mengakibarkan kesulatan bernafas, kenaikan tekanan darah dan detak jantung, bahkan gagal ginjal yang bisa mengakibatkan koma dan juga kematian karena saluran pernafasan.
4. Almond

Walaupun orang menyebutnya kacang Almond sebenarnya adalah biji-bijian, yang sangat terkenal di dunia. Seperti hal nya Apel, Almond juga mengadung sianida. Almond ini sangat beracun bila tidak diproses di panas yang benar untuk mengeluarkan racun nya. Di banyak negara, Almond ini dilarang dijual sebelum diproses untuk mengeluarkan racun sianida darinya
5. Kentang

Pasti semua dari kita sudah pernah mendengar bahkan memakan kentang. Yang belum kita dengar mungkin adalah bahwa kentang ini beracun. Ranting dan daun bahkan kentang nya sendiri beracun. Kalau anda pernah perhatikan kentang lebih dekat, kemungkinan besar dari kita pernah melihat kentang yang agak kehijau-hijauan. Ini adalah disebabkan oleh racun glycoalkaloid. Dalam sejarah, kematian akibat kentang ini pernah terjadi walaupun jarang.
Kebanyakan adalah karena meminum teh daun kentang atau memakan kentang yang kehijau-hijauan. Kematian ini tidak datang secara cepat dan mendadak, tetapi bisanya korban nya akan menjadi lemas dan kemudian jatuh koma. Oleh sebab itu, janganlah mengkonsumsi kentang yang mempunya bulatan seperti bola mata hijau, kulit kehijau-hijauan, atau yang telah berakar. Buanglah kentang-kentang tersebut daripada menyajikan nya
6. Cabe

Sepertinya tidak ada seorang pun diantara kita yang tidak pernah memakan cabe. Apapun jenis cabe tersebut (cabe rawit, keriting, hijau, dsb) mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin. Capsaicin inilah yang bikin cabe itu menjadi pedas. Kimia ini sangalah keras dimana bisa digunakan untuk menghilangkan cat, bahkan digunakan sebagai �pepper spray� yang bisa membutakan mata. Bilan capsaicin ini dimana dalam jumlah tertentu, akan menyebabkan kematian
7. Kacang Monyet

Seperti halnya almond, kacang monyet ini sebenarnya bukanlah kacang melainkan adalah biji-bijian. Pada saat anda membli kacang monyet yang mentah, sebenarnya kacang tersebut sudahlah tidak mentah tetapi sudah dikukus terlebih dahulu. Ini dikarenakan, kacang ini mengandung racun urushiol yang harus di kukus dulu untuk menghilangkan racun tersebut. Keracunan kacang monyet ini sangat jarang, tetapi orang-orang yang bekerja di pabrik untuk memisahkan kacang monyet dari kulitnya kadang mengalami efek samping yang disebabkan oleh racun urushio
8. Jamur

Ada sekitar 5000 jenis jamur di Amerika dan sekitar 100 disebut beracun dan kurang dari selusin adalah jamur yang memtikan. Secara umum, jamur bisa mengakibatkan gangguan gas dalam pencernaan usus bagi yang alergi terhadapnya. Karena banyaknya jenis jamur yang ada didunia, sangatlah susah untuk mengetahui persis yang mana yg beracun. Pada dasarnya, jamur yang tumbuh secara liar lebih mungkin beracun. Salah satu jenis jamur yang paling beracun adalah Alpha-amanitin, yang dapat merusak lever.
9. Pufferfish

Ikan Pufferfish adalah veterbrata paling beracun kedua di dunia. Orang Korea dan Jepang paling suka memakan ikan ini. Banyak yang tidak tau bahwa lever dari ikan ini adalah sangan beracun yang dapat mengakibatkan kematian. Racun tersebut dikenal dengan nama tetrodotoxin yang bisa menyebakan darah tinggi, mati rasa yang dan paralysis urat yang bisa menyebabkan kegagalan dalam bernafas dan kematian
10. Cassava (Yuca)

Mungkin tidak banyak dari kita yang tau makanan ini. Cassava banyak ditemukan di karibean dan Amerika Selatan. Cassava ini bisa dimakan manis ataupun pahit.Makanan ini mengandung cyanogenic glocosides yang ternyata sangat beracun. Dari baunya, cassava akan mengusir serangga bahkan juga binatang, dan kalau tidak di proses secara benar akan mengakibatkan kematian. 
 
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Macam - Macam Jenis Teh, Dan Manfaatnya


ANEKA KHASIAT TEH

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat teh diantaranya adalah mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol darah. Teh juga bisa bekerja sebagai anti mikroba.
Berikut ini sejumlah manfaat teh seperti dikutip WebMD.

TEH HIJAU

Mengandung konsentrasi EGCG yang tinggi. Antioksidan dalam teh hijau dapat mencegah penyumbatan arteri,membakar lemak, menurunkan resiko gangguan syaraf,mencegah kanker kolorektal, pankreas, lambung, serta mengurangi resiko stroke dan memperbaiki kadar kolesterol darah.


TEH HITAM

Dibuat dari fermentasi daun teh, teh hitam memiliki kandungan kafein tertinggi. Studi menunjukkan bahwa teh hitam dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan asap rokok. teh hitam ini juga dapat menurunkan resiko stroke.

TEH PUTIH

Merupakan teh yang tidak mengalami fermentasi. Satu penelitian menunjukkan, teh putih memiliki bahan antikanker yang manjur dibandingkan dengan teh yang sudah lebih banyak mengalami proses.

TEH OOLONG

Studi terhadap hewan menunjukkan, binatang yang diberi antioksidan dari teh oolong, kadar kolesterol jahatnya lebih rendah.

TEH HERBAL

Dibuat dari herbal, buah, biji, atau akar. Konsentrasi antioksidan teh herbal lebih rendah ketimbang teh hijau, putih, hitam, maupun oolong. Komposisi kimia teh herbal beragam, tergantung tanaman yang digunakan: jahe, ginseng, melati, mint, chamomile, echinacea, dan lain-lain.


TEH CHAMOMILE

Antioksidannya dapat membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti menurunnya fungsi penglihatan, kerusakan saraf dan ginjal, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

TEH ECHINACEA

Kerap digunakan sebagai terapi untuk melawan flu.

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Pengertian Penyakit Latah Dan Cara Penyembuhannya


LATAH BISA DISEMBUHKAN DENGAN HIDUP TENANG

APAKAH LATAH MENULAR??
Mari kita baca keseluruhan artikel ini....

Latah disebut juga Culture Bound Syndrome. Dikatakan demikian karena " penyakit ini hanya ditemui pada penduduk Asia, terutama Asia Tenggara. Selama ini belum pernah ditemukan orang barat mengalami latah.
Latah biasanya timbul karena reaksi keterkejutan seseorang. Saat seseorang latah, dia melakukannya secara otomatis tanpa ada kemampuan untuk mengontrolnya. Bahkan ada orang yang latah dan mengucapkan omongan kasar dan jorok. Latah seolah menjadi penyakit menular, karena semakin banyak orang yang mengalami latah. Yang menarik, mayoritas penderitanya adalah kaum hawa/ perempuan. Apakah "penyakit" latah itu benar-benar menular?Bisakah disembuhkan?

PENYEBAB LATAH

Psikolog dari Universitas Indonesia, Indah S Hutauruk, M.Psi, mengatakan ada banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi latah.
Penyebab latah salah satunya antara lain disebabkan karena :
* Seseorang mengalami mimpi yang berhubungan dengan seksualitas. Setelah bermimpi,seseorang menjadi latah tentang kelamin. " Jika penyebab latah itu mimpi, berarti ada sesuatu yang dipendam. Disini terdapat need atau kebutuhan yang tidak terpenuhi, lalu dipendam ke arah bawah sadar.

Rasa cemas yang dirasakan seseorang juga bisa menyebabkan orang itu mengalami latah. Seseorang yang mengalami kecemasan akan suatu hal, sehingga pikirannya hanya fokus pada hal yang ia cemaskan tersebut.
Hal ini menyebabkan sense of body control-nya berkurang. Jika hal ini terjadi,maka bila seseorang itu terkena stimulus sedikit saja, dia akan menjadi latah. Karena itulah, mengapa latah sering dialami oleh mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang cukup tinggi.

* Latah juga dapat disebabkan karena pergaulan :
Tidak jarang kita menemukan apabila seseorang yang pada awalnya tidak latah, tetapi ia sering bergaul dengan orang yang latah, maka lama kelamaan orang tersebut akan menjadi latah. Sebenarnya suatu keadaan psikologis tidak dapat langsung menular kepada orang lain. " Kalau kita berinteraksi lama dengan sahabat kita dan mulai mengidentifikasi dengan orang tersebut, maka lama kelamaan tanpa disadari kita bisa meniru semua tingkah signifikan other tersebut,".
Seorang teman atau sehabat biasanya memiliki banyak kesamaan selera dan pola perilaku, namun terkadang kita tidak menyadarinya.

* Ada juga latah yang disebabkan hanya untuk menarik perhatian lingkungannya ataupun agar ia diterima di dalam suatu komunitas. Latah yang semacam ini terkadang membuat orang lain merasa terganggu dan ada juga yang menganggapnya hal yang menyebalkan.

Latah juga mayoritas terjadi pada usia dewasa awal (sekitar umur 18 tahun ke atas ), pada usia tersebut seseorang telah mengembangkan network dan sudah mulai mengenal banyak orang.
Saat mulai bergabung dengan lingkungan baru tersebut seseorang kerap kali mengalami kebingungan untuk bersikap maupun berkata-kata seperti apa, hal tersebut di repressed dan pada akhirnya muncullah perilaku latah. Seperti halnya ada juga orang yang mengalami gagap pada saat ia gugup.

PEREMPUAN....
Berdasarkan pengamatan dan fenomena yang terjadi pada masyarakat, wanita lebih banyak mengalami latah. Kalaupun ada pria yang mengalami latah, jumlahnya jauh lebih sedikit dan biasanya pria tersebut agak " keperempuan-perempuanan."
Mengapa mayoritas penderita umumnya perempuan, karena perempuan lebih drama queen. Salah satu cirinya adalah menyukai apabila ia menjadi pusat perhatian ataupun melebih-lebihkan suatu hal. Perempuan juga lebih emosional terhadap suatu hal sehingga terkadang melebih-lebihkan suatu permasalahan yang pada kenyataannya tidak terlalu berat. Apabila perilaku ini terus berkembang, maka orang tersebut lama kelamaan dapat terkena gangguan kepribadian histrionic atau bahkan bisa juga sampai terkena gangguan kejiwaan skizofrenia walaupun tidak selalu menjadi skizofrenia.

Perempuan juga memiliki keinginan diterima oleh lingkungan. Tidak jarang mereka sengaja untuk latah agar dapat diterima dan diakui oleh komunitasnya.
Sedangkan pada pria jarang yang terkena gangguan kepribadian tersebut, karena para pria lebih cuek, dari wanita. Pria juga lebih menggunakan pikiran rasional dibandingkan emosional. Kebanyakan pria akan mencari sisi logik dari segala permasalahan. Jika sisi logika sudah digunakan maka sudah keluar dari unconscious atau alam bawah sadar. sehingga tidak ada hal yang di repressed lagi. Sehingga pada laki-laki kecuali pria yang keperempuan-perempuanan, tidak mengalami latah.

Selain lebih banyak pada kaum perempuan, ternyata jika di spesifikasikan pada jenis pekerjaan, maka para entertainment atau para pekerja di bidang showbiz lebih banyak yang terkena latah dibandingkan pada sektor pekerjaan lain.
Pada saat seorang entertain latah, orang akan menganggapnya itu lucu dan sebagai hiburan yang dapat mengocok perut para penonton.Lain halnya apabila yang latah adalah seorang guru. Jika pada saat mengajar sang guru tersebut latah bisa jadi wibawanya akan turun di mata para muridnya. Sama halnya dengan seorang dokter, jika pada saat ia memeriksa pasien ia latah, akan terlihat tidak professional di depan sang pasien.


KETENANGAN

Seperti penyakit lainnya, cara menyembuhkan latah juga harus diketahui apa penyebabnya. Perlu dilakukan konseling untuk mengetahui apa pangkal permasalahannya, lalu kita mencari cara untuk menyembuhkannya.


PENYEMBUHAN

Seperti untuk menyembuhkan hama pada tanaman, perlu disembuhkan dari akarnya dan bukan hanya dari daunnya. Bila tidak disembuhkan dari penyebabnya, ditakutkan pada kemudian hari latahnya akan kambuh lagi. Cara lain yang juga dapat menyembuhkan latah adalah dengan cara meditasi dan rileksasi karena para penderita latah memerlukan ketenangan, selain itu faktor lingkungan juga harus mendukung. Salah satunya teman-teman si penderita dapat saja melakukan treatment reward and punishment jadi jika seorang penderita sedang latah, maka temannya akan memberikan hukuman dapat berupa didiamkan atau dijauhi untuk sementara waktu oleh teman-teman sekitarnya.
Begitupun sebaliknya, jika dia tidak latah pada saat dikagetkan, maka ia berhak untuk menerima reward dari teman-temannya.

Apapun penyebabnya, jika terus menerus diganggu atau dikageti, pengidap latah akan merasa terganggu dan lelah. Untuk mengurangi dan menyebuhkan latah, ia harus bisa menemukan ketenangan hidup. Penderita dianjurkan melakukan rileksasi, meditasi, dan konsentrasi secara rutin. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membantu penderita menuju kesembuhan. Dan, sering-seringlah melakukan aktivitas menyenangkan yang tidak membuat stress. Yang tidak kalah pentingnya adalah keinginan sembuh dari si penderita latah itu sendiri, jika pada diri penderita latah sudah tumbuh keinginan untuk sembuh, maka proses yang terjadi dapat lebih cepat.


JENIS-JENIS LATAH

Reaksi latah pada setiap orang bermacam-macam:

1. Echolalia. Echo berarti pengulangan. Pada penderita latah jenis ini secara spontan akan mengulangi perkataan orang lain.

2. Echopraxia,penderita latah akan meniru gerakan orang lain.

3. Coprolalia, penderita akan mengucapkan kata-kata yang dianggap tabu/kotor. Biasanya kata-kata mereka tidak akan jauh dari alat kelamin, walaupun juga dapat diplesetkan menjadi kata-kata lain.

4. Automatic Obedience. Ini adalah latah yang paling parah. Pada saat mereka terkejut, mereka akan secara spontan dan tidak sadar melaksanakan perintah, mereka tidak dapat mengontrol apa yang ia lakukan, sehingga setelah melakukan tindakan tersebut, baru ia akan sadar. Biasanya penderita jenis ini sudah lama mengalami latah dan permasalahan yang ia alami juga biasanya cukup banyak dan kompleks.


Selain 4 macam latah tersebut, ada juga latah lain yaitu latah yang dibuat-buat dan memang hanya ditujukan untuk menarik perhatian orang. Seseorang yang sengaja latah, sekarang sudah semakin pandai, sulit untuk mengetahui apakah ia benar-benar latah atau hanya dibuat-buat. Untuk mengetahuinya perlu observasi lama.



Semoga bermanfaat

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Racun Yang Terkandung Dalam Sebatang Rokok


Tahukah Anda, dalam sebatang rokok, terdapat 4000 lebih bahan kimia dan gas?Gas apa yang terkandung? Apa dampaknya bagi kesehatan?

NIKOTIN, RACUN NO 1

Zat yang paling berbahaya diantara 4000 bahan kimia dan gas dalam rokok adalah nikotin. Setiap kali mengisap rokok, seseorang memasukkan nikotin ke dalam paru-parunya lalu ke otaknya.
Penelitian telah membuktikan bahwa nikotin dapat mengakibatkan ketagihan, sama seperti heroin dan kokain.Nikotin juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
Pembuluh darah yang sempit membuat darah menjadi lebih sulit mengalir ke seluruh tubuh. Organ-organ ( bagian-bagian penting ) tubuh menjadi kekurangan oksigen karena aliran darah tidak lancar. Hal ini membuat jantung dipaksa bekerja lebih keras memompa darah. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan jantung menjadi cepat rusak atau terkena penyakit.


RACUN NOMOR 2,3 dan 4

Selain nikotin, zat paling berbahaya lainnya adalah tar, karbonmonoksida.
Tar adalah salah satu zat penyebab kanker.Karbonmonoksida adalah gas yang mirip dengan asap yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan.Karbonmonoksida dapat menyebabkan sel darah merah sulit menyerap oksigen, sehingga dapat mengganggu kerja jantung.
Sedangkan karbondioksida adalah gas sisa pernafasan yang harus segera dikeluarkan dari paru-paru.

RACUN-RACUN PENDUKUNG

Zat-zat beracun lainnya,misalnya amonia ( bahan pembersih lantai ), naftalen ( zat kapur barus ), hidrogen sianida ( racun yang digunakan untuk pelaksanaan hukuman mati ), aseton (penghapus cat kuku , toluen (pelarut ), metanol (bahan bakar roket), arsenik ( racun semut), butan (bahan bakar korek api), kadmium ( bahan aki mobil ),DDT (racun serangga), vinil klorida (bahan plastik), dan lain-lain.


MENJAUHLAH DARI PEROKOK


Asap rokok yang dihirup manusia ada 2 jenis: Asap langsung dan tidak langsung. Asap langsung adalah asap yang keluar dari mulut si pengisap rokok. Sedangkan asap tidak langsung adalah asap yang keluar dari rokok yang dibakar.
Orang yang tidak merokok, tetapi terpaksa menghirup asap rokok orang lain dinamakan perokok pasif. Perokok pasif terancam bahaya lebih besar daripada si pengisap rokok atau perokok aktif. Karena telah mengisap rokok selama bertahun-tahun, tubuh perokok aktif membentuk antibodi yang dapat mengurangi penyerapan racun dalam tubuh.


MEMPERCEPAT KEMATIAN

Jika perokok pasif itu adalah anak-anak, maka bahayanya lebih besar lagi. racun yang terhirup akan mengganggu kerja organ tubuh seperti paru dan jantung. Jika organ tubuh sudah terganggu sejak kecil, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Penelitian Pusat Kanker Amerika menyatakan: para perokok dapat kehilangan 20 sampai 25 tahun masa hidupnya. Maksudnya, rokok mengakibatkan organ tubuh cepat rusak sehingga mempercepat kematian seseorang.


Nah, sekarang kita semua tahu bahwa sebatang rokok ternyata menyimpan bahaya yang sangat besar. Oleh karena itu beritahulah orang-orang yang Anda cintai agar mereka mulai berhenti merokok. Lagipula, dengan tidak merokok, berarti kita sudah memelihara udara bersih dan sehat.


Semoga bermanfaat
Sumber:Pengetahuan

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Apa Itu Penyakit Amandel ?




Tonsil/ amandel merupakan organ tubuh yang semula ada gunanya, tetapi sampai pada saat tertentu justru bisa mengganggu kesehatan antara lain bikin sulit menelan, pusing, mengantuk, mengorok.

Tidak heran bila keluhan amandel sering datang terutama pada anak-anak.
Amandel adalah: bagian dari kekebalan tubuh yang terbentuk sejak janin berusia 3 bulan. Amandel berkembang sangat cepat setelah bayi lahir karena bayi sudah berkontak dengan kuman. Pertumbuhan amandel berlangsung cepat di usia 1-3 tahun dan mencapai puncak di umur 3-7 tahun.Pada usia pubertas, sekitar 14 tahun, amandel mulai mengecil dan lama-lama menghilang.

BENTENG PERTAHANAN

Jaringan amandel di sebut limfoid. Amandel memiliki istilah medis tonsila palatina, terdiri atas dua buah yang bentuknya mirip dengan buah amandel, sehingga orang Belanda menamainya amandel.

Sebetulnya ada 2 jaringan yang bertengger di tengorokan. Amndel yang bertugas melawan kuman yang masuk melalui mulut. Jaringan lain yaitu adenoid, letaknya tersembunyi, sehingga tidak kelihatan apabila mulut dibuka lebar. Ia bertugas melawan kuman yang masuk lewat hidung.

Tonsil dan adenoid tumbuh seiring dengan pertambahan usia. Keduanya berkembang pesat setelah bayi lahir karena sudah mulai berinteraksi dengan kuman. Para dokter meyakini adenoid tidak lagi penting setelah anak berusia 3 tahun.
Memang biasanya adenoid mengecil setelah anak berusia 5 tahun. Pada masa pubertas pertumbuhannya berhenti dan akhirnya hilang sama sekali.

Fungsi utama amandel yaitu sebagai benteng pertahanan terdepan terhadap kuman. Fungsi ini didukung oleh lokasi yang strategis ( di bagian atas saluran nafas atau hidung dan makanan atau mulut ), struktur anatominya permukaan luas dan berlekuk ke dalam, serta kemampuannya memproduksi zat antikuman.

SULIT MENELAN

Sebagai perisai tubuh, tonsil dan adenoid dapat mengalami infeksi bakteri/virus. Akibatnya jaringan ini meradang dan membengkok. Peradangan akut pada amandel disebut tonsilitis akut.
Penyebab paling sering radang amandel adalah bakteri streptokokus beta hemolitikus grup A. Bakteri lain yang dapat memicu peradangan amandel seperti Staphylococcus, Pneumococcus, atau Haemofilus influenza. Berbagai virus seperti Rhinovirus, influenzae, dan para influenzae juga bisa menyebabkan amandel membengkak.

Gejala yang muncul bisa bersifat lokal atau setempat, bisa juga gejala umum atau sistemik. Biasanya pasien tonsilitis mengalami gejala flu, batuk, pilek, ( peradangan akut saluran nafas bagian atas ), nyeri tenggorokan dan sakit ketika menelan, kelelahan, serta naiknya suhu badan. Kondisi itu menyebabkan pasien loyo, tidak mau makan dan minum.

AWAS KAMBUH

Untuk mengatasi peradangan amandel, biasanya dokter memberi antibiotika. Obat penurun panas dan pereda batuk pilek diberikan tergantung kondisi pasien.
Dianjurkan mengonsumsi makanan lunak ( bubur), banyak minum, serta cukup istirahat. Dengan penangan tepat, tonsilitis akut akan sembuh dalam 5- 7 hari.
Tonsilitis akut dapat kambuh jika antibiotika tidak memadai atau si pasien bandel tidak menghabiskannya.

Bentuk amandel yang berlekuk-lekuk juga memberi peluang pada bakteri untuk bersembunyi dan kembali beraksi. Jika kambuh peradangan bisa berubah menjadi tonsilitis kronis.
Pada anak-anak proses infeksi ini hampir selalu diikuti oleh infeksi adenoid, sehingga biasa disebut adenotonsilitis kronis. Pada orang dewasa, karena jaringan adenoid telah lenyap, infeksinya disebut tonsilitis kronis.
Jika peradangan dirasa sangat mengganggu, bisa dilakukan operasi amandel. Anggapan bahwa kekabalan tubuh anak akan menurun setelah dioperasi, tidaklah benar. Kekebalan tubuh anak itu akan semakin kuat seiring pertumbuhannya.

DILARANG TERIAK

Amandel yang "tenang" sebaiknya tidak dioperasi. Terutama pada anak usia di bawah 6 tahun.Jika anak sudah memasuki masa puber atau dewasa, diangkat pun tidak ada ruginya. Apalagi jika amandel berwarna keputihan, artinya sudah banyak mengandung bakteri.
Perawatan ekstra diperlukan anak, terutama 12 hari pertama setelah operasi. 2 hari pertama setelah operasi, anak hanya boleh menyantap cairan dingin dan dilarang mengonsumsi makanan keras atau panas.

Menginjak hari ketiga, anak baru boleh mengasup makanan lembut seperti bubur. Setelah hari kelima, anak boleh mengasup aneka makanan. 2 Minggu setelah operasi, anak dilarang berteriak atau melakukan kegiatan yang menguras tenaga.

KOMPLIKASI SAMPAI KE GINJAL

Bila infeksi kronis pada amandel sering kambuh dan tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan berbagai komplikasi, antara lain:

1. Abses ( membengkak dan terdapat kumpulan nanah ) pada jaringan sekitar amandel, atau disebut abses peritonsil. Biasanya kondisi ini mengenai salah satu amandel saja dan kebanyakan pada orang dewasa.
Gejala yang muncul: rasa sakit yang hebat saat menelan, bahkan menelan air liur saja sulit. Karena itu air liur bisa meleleh keluar disertai panas badan tinggi.
2. Pada anak-anak, sering terjadi infeksi kronis di rongga-rongga di sekitar hidung ( sinus ).Kondisi ini disebut sinusitis.
Gejala yang muncul: pilek terus menerus dalam jangka waktu cukup lama dan anak mudah terserang batuk.
3. Dehidrasi akibat sulit menelan
4. Terhambatnya jalan nafas karena tonsil membengkak
5. Munculnya demam rematik pada jantung pada kuman amandel yang menyebar ke otot dan katup jantung. Penyakit ini biasanya didapati pada kelompok usia 5-15 tahun.
6. Gangguan ginjal. Meski berbagai kondisi beresiko muncul, sebaiknya orangtua tetap tenang bila si kecil sakit radang amandel. Perlu diingat bahwa tidak semua penyakit amandel perlu di operasi. Kalau perlu di operasi, tunggu waktu yang tepat sesuai saran dokter.


MITOS SEPUTAR AMANDEL/TONSIL

* Banyak orangtua merasa keberatan jika anaknya dioperasi amandel

Orangtua takut ketahanan tubuh anak berkurang bila amandel diangkat. Amandel memang berfungsi sebagai perisai tubuh anak terhadap kuman. Namun fungsi amandel hanya optimal hingga anak berusia 12 tahun. Selanjutnya amandel akan mengecil.
Jangan takut, memasuki usia remaja, tubuh sudah memiliki ketahanan yang baik meski tanpa amandel.

*Infeksi amandel membuat anak bodoh/ menghambat IQ

Pendapat ini salah, Anak yang bermasalah dengan amandel akan mudah lelah karena tidak dapat tidur dengan nyenyak dan rentan terhadap penyakit, hingga bisa berpengaruh terhadap kehadirannya di sekolah. Gangguan pada saluran pernafasan akibat amandel juga menyebabkan kurangnya suplai oksigen ke otak, sehingga anak sulit berkonsentrasi. Kenyataan ini membuat orang beranggapan radang amandel membuat anak jadi bodoh.

* Amandel akan membesar kembali setelah operasi

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Bila amandel telah diangkat dengan baik, seharusnya tidak akan membesar kembali. Memang adenoid bisa saja membesar kembali, tetapi kemungkinannya sangatlah kecil. Kalaupun hal itu terjadi, tidak akan memberikan masalah berarti pada tubuh.
Daripada terjebak mitos, lebih baik orangtua melakukan upaya pencegahan infeksi amandel. Caranya dengan selalu memberikan makanan bergizi, menjaga kebersihan mulut dan kebersihan lingkungan karena semua itu akan berpengaruh baik terhadap daya tahan tubuh anak.


GEJALA-GEJALA AMANDEL

Radang amandel mungkin terjadi jika terdapat gejala-gejala berikut :
- Tenggorokan terasa sakit sekali selama lebih dari 3 hari
- Muncul rasa sakit ketika menelan, air sekalipun
- Demam dan menggigil
- Sakit kepala
- Tonsil bengkak dan berwarna kemerahan
- Nafsu makan hilang
- Kegiatan sehari-hari jadi terganggu
- Terdapat luka bernanah di tonsil
- Teraba adanya pembengkakan kelenjar di bawah rahang dan leher

KAPAN HARUS OPERASI?

Tidak sedikit orangtua yang merasa cemas bila anaknya menderita radang amandel ( tonsilitis) dan dokter menyarankan tindakan operasi.Sebaliknya ada pula orangtua yang mengharapkan anaknya boleh menjalani operasi pengangkatan tonsil, padahal tidak terjadi masalah sama sekali. Keinginan itu didasari anggapan bahwa jika amandel diangkat berarti tidak ada lagi resiko mengalami peradangan.
Tentu saja tidak semudah itu dokter menentukan perlu tidaknya tindakan operasi diambil. Ada 2 kelompok kriteria yaitu yang bersifat absolut dan bersifat relatif ( dipertimbangkan ), untuk menentukan dilakukannya operasi amandel ( tonsilektomi ).

KRITERIA ABSOLUT :
1. Bila pembesaran sudah menimbulkan obstruksi/ hambatan jalan pada saluran pernafasan yang cukup parah, gangguan tidur ( sleep apnea ), atau ada komplikasi kardiopulmuner akibat penyebaran infeksi bakteri.
2. Adanya peritonsiler abses yang tidak dapat diatasi dengan obat dan drainase ( pengambilan cairan abses).
3. Timbulnya kejang demam
4. Kondisi tonsil yang parah hingga memerlukan tindakan biopsi untuk menentukan kondisi jaringan

KRITERIA RELATIF:
1. Frekwensi serangan infeksi pada tonsil yang sering. Serangan infeksi bisa mencapai berkali-kali dalam setahun.
2. Adanya bau mulut/ nafas tidak sedap yang tidak hilang akibat tonsilitis kronis yang tidak membaik dengan terapi obat.
3. Tonsilitis kronis atau berulang oleh bakteri streptokokus yang sudah resisten terhadap antibiotika.
4. Adanya pembesaran tonsil satu sisi yang dicurigai bersifat neoplastik ( tumor/ganas).

Dari 2 kelompok tersebut, kriteria absolut bersifat subjektif karena didasari oleh kondisi yang dirasakan sendiri oleh pasien dan penilaian orangtua pasien.



Semoga bermanfaat

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Artikel lengkap >>

Kata Mereka