Asap rokok mencemari udara segar. Tetapi para perokok banyak
berkilah: asap pabrik dan knalpot kendaraan lebih merusak. memang benar
asap pabrik dan knalpot kendaraan lebih besar menyumbang untuk global
warming.
Tapi pernahkah anda berada dalam satu ruangan dengan orang yang
sedang merokok? Ketika mereka dalam “kenikmatan”, kita yang tersiksa
karena asap rokok yang mereka hembuskan.
Merokok seperti halnya uang logam / koin, selalu terdiri dari dua sisi.
Ada sisi positif dan negatif, untung-rugi, kelebihan-kekurangan,
baik-buruk, dsb.
1. Pendapatan / penghasilan
Tidak dipungkiri lagi bahwa rokokmemberikan pendapatan negara yang
cukup besar. Jika pajak negara yang hanya berkisar sekian persen dari
cukai rokok mencapai ratusan milyar atau trilyunan rupiah. Lantas berapa
besar uang yang bergerak di bisnis rokok? Lihat saja keluarga pemilik
pabrik rokok seperti Sampoerna yang masih masuk daftar konglomerat.
Makanya pemerintah pun segan mengutak-atik bisnis ini karena ada
pendapatan negara yang cukup lumayan dan juga melibatkan begitu banyak
orang hingga ratusan ribu orang. Singkatnya, untung buat pemerintah dan
penjual, rugi untuk pembeli rokok karena pajak cukai tembakau yang
semakin tinggi.
2. Kesehatan
Semakin banyak perokok setara dengan semakin menurunnya kesehatan
masyarakat, baik perokok aktif maupun perokok pasif. sejalan dengan itu,
kesehatan untuk penyakit yang berkaitan dengan rokok pun menjadi bisnis
yang menjanjikan. Dokter spesialis, alat kedokteran, bahkan rumah sakit
khusus pun mulai bermunculan untuk mengatasi masalah penyakit yang
berkaitan dengan rokok.
Untung buat bisnis kesehatan, rugi buat kesehatan masyarakat.
Bila banjir yang menimpa kita tidak terlalu parah, maka sebenarnya
kita telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menjalani hidup kita lebih
lanjut dan lebih baik.
2. Banjir membuat kita berpikir kreatif
Ketika dilanda banjir, otak kita akan berikir spontan dan kreatif
untuk mencari jalan alternatif untuk menyelamatkan alat, perlengkapan,
harta benda dan terutama jiwa kita dan keluarga atau orang terdekat
kita.
3. Banjir membuat manusia untuk berpikir mengatasi banjir
Setelah mengalami banjir, kita akan sibuk untuk memikirkan antisipasi ataupun pencegahan banjir.
4. Banjir Memberikan pekerjaan
Saat banjir akan banyak muncul kuli angkut / ojeg perahu dadakan, yang siap membantu anda dengan imbalan tentunya.
5. Banjir membuat manusia untuk bersahabat dengan lingkungan
Setelah mengetahui penyebab, akibat dan dampak banjir, manusia akan
berpikir untuk peduli, bersahabat dan menjaga alam sekitarnya.
6. Banjir membuat manusia untuk peduli kepada sesama
Pada saat terjadi banjir, manusia umumnya akan lebih peduli kepada
sesamanya dan berlomba-lomba untuk memberikan bantuan dan mendapatkan
pahala.
Apakah anda sudah tahu mengenai macam-macam atau jenis-jenis banjir? berikut ini jenis banjir yang terkemuka :
Banjir (air)
Banjir ini diakibatkan meluapnya air sungai, got, gorong-gorong atau saluran air lainnya karena debit atau jumlah air melebihi kapasitas saluran air yang ada. Luapan air tersebut bahkan dapat sangat berbahaya dan tingginya dapat melampui atap sebuah rumah.
Banjir cileuncang
Di daerah bandung dan sekitarnya ada istilah “banjir cileuncang” atau banjir dadakan. Banjir ini terjadi jika air yang dihasilkan dari hujan lebat tidak dapat segera dibuang melalui saluran air/drainase/gorong-gorong/got yang ada disamping jalan. Analogi yang tepat untuk hal ini adalah ketika anda mengisi air/minyak menggunakan corong, maka kadang akan terlihat air/minyak yang anda isikan akan dapat naik sampai ke bibir corong walaupun akhirnya air/minyak tersebut akan habis masuk ke dalam saluran corong.
Banjir Pasang laut (Rob)
Rob merupakan banjir akibat laut pasang yang sangat tinggi. Saking tingginya pasang laut tersebut, air yang berasal dari sungai seakan-akan akan tertahan dan mengikuti tingginya permukaan air laut. Air akan meluap bila tingginya melebihi tinggi sisi sungai atau tanggul dari sungai. Banjir ini umumnya terjadi di Jakarta.Selain karena dampak pemanasan global, juga akibat menurunnya permukaan tanah di Jakarta secara umum.
Saat kita sedang mencintai seseorang, yang terjadi adalah: mau makan
inget dia, mau tidur inget dia, mau kerja inget dia. Pokoknya au
ngapa-ngapain inget diaaaaaaaa terus!! Yang menyebalkan adalah, saat
kita pengen ketemu alias kangen, eh, si dia nggakbisa dihubungi!
Ditelpon ga jawab, disms ga bales,di YM status invisible… Kita nya
blingsatan sendiri. Mikirnya udah yang enggak-enggak aja. Jangan-
jangan dia kencantol ama yang lain, jangan-jangan dia lagi nyari yang
lain.
Trus, kalo kita cinta mati ama seseorang, yang terjadi adalah cemburu
yan teramat sangat! Dia lagi ngobrol ama lawan jenis, kita udah
cemburu. Dia dimintain tolong temen lawan jenis, kita mikirnya dia
selingkuh. Dia ngapaiiinnn aja, kita bawaannya cemburu. Ih, ga enak
lho cemburu! Capek! Nha, kalo yang cemburu ini si cewek, ujung2 nya
nangis. Kalo cowok paling dieeemmmm seharian.
Gimana caranya biar kita nggak dibakar cemburu yang ga jelas? Banyak
saran untuk menghilangkan kecemburuan ini. Tapi begitu susahnya
diaplikasikan. Karena ini menyangkut PERASAAN. Dan perasaan sangat
bersifat subjektif. Seseorang bisa saja memberi nasihat kepada kita,
tapi kalo ita nggak mau atau nggak bisa merubah perasaan yang sedang
menguasai kita, saran itu akan sia-sia.
Nha, yang bisa ngatasi perasaan cemburu ini ya diri kita sendiri.
Intinya, kepercayaan is must! Percaya bahwa pasangan setia terhadap
kita. Bahwa kita adalah orang yang paling tepat buat pasangan kita.
Bahwa kita dan pasangan saling membutuhkan, sehingga pasangan tidak
akan berpalig ke lain hati. Mungkin itu yang paling bisa diterapkan.
Bersihkan badan dengan seksama.
Setiap kita mandi bersihkan badan dengan seksama, bersihin daerah
ketiak, sekitar putting susu, alat vital, serta pangkal paha. Kalo bisa
tiap kita mandi pake sabun yang mengandung deodorant atau anti septic,
biar kuman-kumannya mati.
Ganti pakaian luar dan dalam setiap hari.
Bakteri menyukai tempat yang kotor dan lembab, jadi sebisa mungkin kita
ganti baju setiap hari. Selain itu mencucinya harus dengan bersih dan
mengeringkannya dengan sempurna.
Hindari pakaian yang berbahan sintetis.
Jangan pake baju yang bahannya sintetis, seperti nilon, apalagi waktu
cuaca lagi panas banget. Pilihlah baju yang berbahan katun karena dapat
menyerap keringat dengan baik dan menguapkannya lebih cepat.
Ganti kaos kaki setiap hari.
Telapak kaki yang berkeringat dapat menimbulkan bau badan, maka dari itu
sepatu yang abis dipeke perlu diangin-anginin, kalo perlu dijemur.
Selain itu kaos kaki juga harus diganti setiap hari atau minimal dua
hari sekali.
Memakai sodium bikarbonat atau baking soda
Pake sodium bikarbonat atau baking soda langsung di ketiak merupakan
cara alternative alami yang baik. Senyawa itu bisa menyerap keringat dan
membunuh bakteri penyebab bau badan.
Jangan menggunakan atau mencampurkan parfum secara berlebihan.
Cukur rambut ketiak
Bulu ketiak yang lebat jadi tempat persembunyian bakteri, makannya
jangan lupa cukur bulu ketiak dua sampai tiga hari sekali. Gunakan krim
scrub yang lembut untuk membersihkan ketiak, gosok lembut dengan gerakan
memutar, lalu keringkan secara sempurna.
Oleskan deodorant atau bedak anti-BB secukupnya.
Setelah ketiak kita sudah bersih dan kering, oleskan deodorant atau
bedak anti_BB, tapi jangan terlalu berlebihan. Setelah mandi baluri
tubuh dengan talek wangi atau lotion. Setelah itu baru semprotkan
parfum, cukup di belakang telinga, nadi pergelangan tangan dan dibalik
busana. Usahakan memilih deodorant, parfum, dan lotion yang beraroma
sama.
Jaga selalu ketiak agar kering.
Jika memungkinkan, pergilah ke toilet setiap kali ketiakmu basah dan
keringkan dengan tisu. Setelah itu oleskan deodorant atau bedak anti-BB.
Jangan mengoleskan deodorant saat ketiak masih berkeringat.
Hindari makanan terlalu pedas, bawang putih dan kurangi goreng-gorengan.
Nah itu semua cara-cara mengurangi bau badan yang berlebihan, kalo
emang tertarik dan membutuhkan, dicoba ya! Semoga yang aku tulis diatas
dapat bermanfaat buat kamu-kamu yang membaca artikel ini, dan khususnya
buat orang-orang yang punya masalah dengan bau badan yang tidak sedap!
Selamat Mencoba!!!
Keberhasilan penyebaran Islam di Jawa tidak lepas dari peran Ulama Sufiyang tergabung dengan Wali Songo. Proses Islamisasi yang dilakukan Wali Songo berlansung pada abad ke-15 (masa kesultanan Demak).
Kata Wali, berarti : pembela, teman dekat, dan pemimpin. Dalam hal ini biasa diartikan sebagai orang yang dekat dengan Allah SWT (Waliyullah). Sedangkan kata Songo (bahasa Jawa) berarti sembilan. Jadi secara umum Wali Songo
berarti sembilan Wali yang dianggap telah dekat dengan Allah SWT., yang
terus menerus beribadah kepada-Nya, dan memiliki kekeramatan (kemuliaan, keistimewaan, atau keluarbiasaan)dan kemampuan diluar kebiasaan manusia.
Mereka yang tergolong Wali Songo tersebut adalah :
1.Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim(wapat
di Gresik tahun 1441 M). Sebelum datang ke Jawa, ia menetap di Kerajaan
Pasai atau Perlak di Aceh. Menurut sumber sejarah, salah seorang raja
Kerajaan Campa mempunyai beberapa orang putri. Salah seorang putri itu
dijadikan istri Raja Majapahiat, Sri Kertawijaya, yang memerintah
Kerajaan Majapahi. Perkawinan itu melahirkan Arya Damar, Adipati
Sriwijaya. Putri lain dari Raja Campa itu dikawinkan dengan Maulana
Malik Ibrahim, dari hasil perkawinannya itu kemudian melahirkan Raden
Rahmat (Sunan Ampel).
2.Sunan Ampel atau Raden Rahmat
(lahir di Campa, Aceh tahun 1401 dan wapat di Ampel tahun 1481). Beliau
adalah penerus cita-cita dan perjuangan Maulana Malik Ibrahim, dan
terkenal sebagai perancang pertama kerajaan Islam di Jawa, dan dialah
yang mengangkat Raden Fatah sebagai sultan pertama Demak. Ia memulai
aktivitasnya dengan mendirikan pesantren pertama di Jawa Timur, yaitu
Pesantren Ampel Denta di dekat Surabaya. Di pesantren inilah Sunan Ampel
mendidik para pemuda Islam untuk menjadi da’i yang akan disebar ke
seluruh Jawa. Diantara pemuda yang dididiknya antara lain ; Raden Paku yang kemudian dikenal dengan nama Sunan Giri, Raden Fatah (putra Prabu Brawijaya V, Raja Majapahit) yang menjadi sultan pertama kesultanan Islam di Bintoro (Demak), Raden Makhdum Ibrahim (putra Sunan Ampel sendiri) yang kemudian dikenal dengan nama Sunan Bonang, Syarifuddin yang kemudian dikenal dengan nama Sunan Drajat, Maulana Ishak yang diutus untuk mengislamkan Blambangan.
3.Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
(lahir di Ampel, Surabaya tahun 1465 dan wapat di Tuban tahun 1525). Ia
dianggap sebagai pencipta gending pertama untuk mengembangkan Islam di
pesisir utara Jawa Timur. Sunan Bonang dan para wali lainnya dalam
menyebarkan agama Islam selalu menyesuaikan diri dengan corak dan
kebudayaan masyarakat Jawa yang sangat menggemari wayang dan musik
gamelan. Syair lagu gamelan ciptaan wali berisi pesan tauhid, sikap
menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya. Setiap bait lagu diselingi syahadatain dan gamelan yang mengiringinya disebut sekaten.
4.Sunan Giri atau Raden Paku atau Sultan Abdul Fakih(lahir
di Blambangan pada pertengahan abad ke-15 dan wapat di Giri tahun
1506). Ia adalah putra Maulana Ishak. Salah seorang saudaranya juga
termasuk Wali Songo yaitu Raden Abdul Kadir (Sunan Gunung Djati). Dalam perjalanan ibadah haji ke Mekkah Sunan Giri dan Sunan Bonang mampir
di Pasai untuk memperdalam pengetahuan keislaman. Ketika itu Pasai
menjadi tempat berkembangnya Ilmu Tauhid, Keimanan dan Ilmu Tasawwuf.
Disini ia menemukan Ilmu Ladunisehingga gurunya memberi anugerah gelar ‘Ainul Yaqin. Ia banyak mengirim juru dakwah ke luar jawa seperti : Madura, Bawean, Kangean, Ternate, dan Tidore.
Sunan
Giri terkenal sebagai lambang pemersatu bangsa Indonesia yang dirintis
pada abad ke-15 Masehi. Jika Gajah Mada dipandang sebagai pemersatu
bangsa dengan kekuatan meliter dan politiknya, maka Sunan Giri dikenal
dengan ilmu dan pengembangan pendidikannya.
5.Sunan Drajat atau Raden Kosim atau Syarifuddin
(lahir di Ampel Denta, sekitar tahun 1470 dan wapat di Sedayu Gresik
pada pertengahan abad ke-16). Hal paling menonjol dalam dakwah Sunan
Drajat adalah perhatiannya yang sangat serius pada masalah-masalah
sosial sehingga ia dikenal berjiwa sosial. Ia juga dikenal sebagai
pencipta tembang Jawa, yaitu tembang Pangkur yang hingga sekarang masih
banyak digemari masyarakat.
Pemikiran
kesufian Sunan Drajat yang menonjol adalah upaya menyadarkan manusia
dari ambisi jabatan dan kedudukan yang akan mendorong manusia untuk
menikmati dunia dengan pola hidup berfoya-foya dan memuaskan nafsu
perut. Ia berpendapat, perut adalah sumber segala syahwat dan penyakit
jasmani dan rohani. Jika perut diisi makanan dan minuman enak, timbulah
nafsu serakah, yang kemudian timbullah nafsu-nafsu yang lain, seperti ;
syahwat kelamin, permabukan, perjudian, dan lain-lain.
Karena
pola hidup mewah harus dicapai dengan jalan menguasai pangkat dan
kedudukan, maka orang berlomba mengejar pangkat dan kedudukan meskipun
dengan jalan kezholiman, kecurangan dalan politk dan makar. Untuk itulah
Sunan Drajat selalu menyuruh santrinya agar memelihara perutnya; makan
dan minum sekedar yang dibutuhkan bagi kesehatan jasmani dan rohani dan
tidak berlebihan. Makan dan minum tidak sembarangan tetapi yang suci dan
halal agarzat-zat darah yang terbentuk darinya menjadi
bersih untuk perbuatan anggota badan sehingga menumbuhkan kejernihan
berfikir. Diingatkannya, bahwa perut yang kenyang dapat menjadi sumber
segala penyakit dan menyebabkan otak menjadi tumpul, malas berfikir, dan
malas menjalankan ibadah kepada Allah.
Kepada pembesar negara, Sunan Drajat menasihati mereka agar selalu memperhatikan kesejahteraan rakyat.
6.Sunan Kalijaga atau Raden Mas Syahid (lahir akhir abad ke-14 dan wafat padapertengahan
abad ke-15). Beliau terkenal sebagai wali yang berjiwa besar,
berwawasan luas, berpikiran tajam dan intelek, dan berasal dari suku
Jawa asli. Daerah operasi dakwah Sunan Kalijaga tidak
terbatas, bahkan sebagai muballigh ia berkeliling dari satu daerah ke
daerah yang lain. Karena dakwahnya yang intelek para bangsawan dan
cendikiawan sangat simpati kepadanya, termasuk lapisanmasyarakat
awam dan penguasa. Dalam melaksanakan pemerintahan Demak, Raden Fatah
sangat menghargai nasihat-nasihat Sunan Kalijaga. Ia juga sangat berjasa
dalam perkembangan wayang purwa atau wayang kulit yang bercorak islami.
Ia juga berjasa dalam membuat corak batik bermotif burung (kukula).
Kata tersebut ditulis dalam bahasa Arab menjadi qu dan qila, yang berarti “Peliharalah ucapanmu sebaik-baiknya”.
Pemikiran kesufian yang ditampilkan Sunan Kalijaga adalah tentang konsep zuhud.
Pemikiran zuhud-nya bermula dari upaya membangun kesadaran masyarakat
pada arti bekerja dan beramal. Orang harus bekerja apa saja asalkan
layak bagi martabat manusia. Bekerja untuk memperoleh makanan yang halal
dan pantas untuk diri dan keluarganya. Manusia berupaya keras untuk
memperoleh kekayaan, tetapi tetap diingatkan agar tidak hidup mewah dan
royal terhadap harta. Harta kekayaan yang dimiliki sesungguhnya untuk
menunaikan kewajiban zakat, haji, sosial, dan ibadah lainnya.
Mencari
harta dan kekayaan tidak boleh menggunakan jalan tercela dan serakah.
Oleh sebab itu, sekalipun harta dunia ini penting, tetapi harus
diperoleh dengan cara yang halal dan menjuhi cara yang haram, bahkan
syubhat. Dibanding dengan keutamaan akhirat maka dunia macam apapun
sesungguhnya sangat kecil. Itulah arti sikap zuhudyang diajarkan oleh Sunan Kalijaga.
7.Sunan Kudus atau Ja’far Sadiq (lahir di Kudus pada abad ke-15 dan wafat tahun 1550).Menurut
silsilahnya, Sunan Kudus atau Ja’far Sadiq masih mempunyai hubungan
keturunan dengan Nabi Muhammad SAW. Silsilah lengkapnya adalah Ja’far
Sadiq bin Raden Usman Haji bin Raja Pendeta bin Ibrahim as-Samarkandi
bin Maulana Muhammad Jumadilkubra bin Zaini al-Husein bin Zaini al-Kubra
bin Zainul Alim bin Zainal Abidin bin Sayyid Husein bin Ali ra. Diantara para Wali Songo, Sunan Kudus mendapat julukan wali al-‘ilmi
(orang yang luas ilmunya). Oleh karena itu, ia didatangi oleh banyak
penuntut ilmu dari berbagai daerah di Nusantara. Ia juga pernah menjadi
Panglima Perang Kesultanan Demak. Ia juga pernah menciptakan berbagai
cerita keagamaan dan yang paling terkenal adalah Gending Maskumambang dan Mijil.
8.Sunan Muria atau Raden Umar Said atau Raden Prawoto(lahir abad ke-15).Ia adalah putra Sunan Kalijaga dan berjasa menyiarkan Islam di pedesaan-pedesaan pulau Jawa. Dijuluki
Sunan Muria karena pusat kegiatan dakwahnya dan makamnya di Gunung
Muria. Dalam rangka berdakwah melalui budaya ia menciptakan tembang
dakwah Sinom dan Kinanti.
Sunan
Muria mencerminkan seorang sufi yang zuhud, yang memandang sangat kecil
pada dunia ini. Oleh sebab itu, ia tidak silau terhadapnya. Tugasnya
sehari-hari adalah mengasuh dan mendidik para santri yang ingin
menyelami ilmu tasawwuf, didampingi oleh putranya Raden Santri. Seperti
halnya sufi-sufi yang lain, Sunan Muria mencermin kan pribadi yang
menempatkan rasa cintanya kepada Allah diatas
segala-galanya. Sepanjang hidupnya dihabiskan untuk beribadah kepada
Allah SWT. Ia melihat sekeliling dengan empat mata; dua mata di kepala
untuk melihat dunia di sekitarnya dan dua mata di hatinya untuk melihat
kebenaran dan kemuliaan. Cahaya pandangnya senantiasa jauh menembus ke
alam yang tak terjangkau oleh akal pikiran. Ia selalu memohon kepada
Allah : “Ya Tuhan, beri aku cahaya dan tambahkan cahaya itu. Beri
aku cahaya di hati, telinga, mata, rambut, daging, dan tulang, bahkan
disetiap butiran darah dan sel-sel syaraf sekalipun”.
Sunan Muria menumpahkan ibadahnya dengan bermunajat kepada Allah SWT. Dia juga
mengajarkan tata krama dzikir kepada kepada Allah. Dibawah bimbingannya
orang-orang membenamkan dirinya untuk berdzikir kepada Allah. Hatinya
senantiasa ingat kepada Allah, dan lisannya tak pernah kering
mengucapkan kalimah Laa ilaaha illallah . Tangannya tak henti-hentinya menghitung butiran-butiran tasbih, terkadang diiringi goyanganbadannya dari kanan ke kiri sebanyak hitungan dzikir yang dilisankan dengan suara pelan dan syahdu.
Sunan
Muria bersama santrinya mengisi hari-hari senggang nya di Tanjung
Jepara yang terpencil dari keramaian duniawi untuk berdzikir dan
berdo’a.
9.Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah
(lahir di Mekkah tahun 1448 dan wapat di Gunung Jati, Cirebon Jawa
Barat). Ia banyak berjasa menyebarkan Islam di Pulau Jawa, terutama di
Jawa Barat. Ia adalah pendiri dinasti raja-raja Cirebon dan Banten.
Sunan Gunung Jati adalah cucu Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi. Dari
perkawinan Prabu Siliwangi dengan Nyai Subang Larang, lahirlah Raden
Walangsung sang, Nyai Lara Santang, dan Raja Sengara. Dari Nyai Lara
Santang lahirlah Syarif Hidayatullah. Dari Cirebon, Sunan Gunung Jati
mengembangkan agama Islam kedaerah lain di Jawa Barat seperti ;
Majalengka, Kuningan, Kawali (Galuh), Sunda Kelapa dan Banten. Ia
meletakkan dasar pengembangan Islam dan perdagangan orang-orang Islam di
Banten tahun 1525 atau 1526. Ketika kembali ke Cirebon, Banten
diserahkan kepada anaknya, Sultan Maulana Hasanuddin yang kemudian
menurunkan raja-raja Banten. Sunan Gunung Jati mendapat penghormatan
dari raja-raja lain di Jawa, seperti Demak dan Pajang, ia diberi gelar Raja Pandita karena kedudukannya sebagai raja dan ulama.
MUNGKIN masih banyak dari sobat-sobat yang beranggapan bahwa Indonesia hingga saat ini baru dipimpin oleh enam presiden, yaitu Soekarno,
Soeharto, B.J. Habibie, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati
Soekarnoputri, dan kini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Namun hal itu ternyata keliru. Indonesia, menurut catatan sejarah,
hingga saat ini sebenarnya sudah dipimpin oleh delapan presiden. Lho,
kok bisa? Lalu siapa dua orang lagi yang pernah memimpin Indonesia?
Dua tokoh yang terlewat itu adalah Sjafruddin Prawiranegara dan Mr. Assaat. Keduanya tidak disebut, bisa karena alpa, tetapi mungkin juga disengaja.
Sjafruddin Prawiranegara adalah Pemimpin Pemerintahan Darurat Republik
Indonesia (PDRI) ketika Presiden Soekarno dan Moh. Hatta ditangkap
Belanda pada awal agresi militer kedua, sedangkan Mr. Assaat adalah
Presiden RI saat republik ini menjadi bagian dari Republik Indonesia
Serikat (1949) .
Pada tanggal 19 Desember 1948, saat Belanda melakukan agresi militer II
dengan menyerang dan menguasai ibu kota RI saat itu di Yogyakarta,
mereka berhasil menangkap dan menahan Presiden Soekarno, Moh. Hatta,
serta para pemimpin Indonesia lainnya untuk kemudian diasingkan ke Pulau
Bangka. Kabar penangkapan terhadap Soekarno dan para pemimpin
Indonesia itu terdengar oleh Sjafrudin Prawiranegara yang saat itu
menjabat sebagai Menteri Kemakmuran dan sedang berada di Bukittinggi,
Sumatra Barat.
Mr. Sjafruddin Prawiranegara
Untuk mengisi kekosongan kekuasaan, Sjafrudin mengusulkan dibentuknya
pemerintahan darurat untuk meneruskan pemerintah RI. Padahal, saat itu
Soekarno - Hatta mengirimkan telegram berbunyi, "Kami, Presiden Republik
Indonesia memberitakan bahwa pada hari Minggu tanggal 19 Desember 1948
djam 6 pagi Belanda telah mulai serangannja atas Ibu Kota Jogjakarta.
Djika dalam keadaan pemerintah tidak dapat mendjalankan kewajibannja
lagi, kami menguasakan kepada Mr. Sjafruddin Prawiranegara, Menteri
Kemakmuran RI untuk membentuk Pemerintahan Darurat di Sumatra".
Namun saat itu telegram tersebut tidak sampai ke Bukittinggi. Meski
demikian, ternyata pada saat bersamaan Sjafruddin Prawiranegara telah
mengambil inisiatif yang senada. Dalam rapat di sebuah rumah dekat
Ngarai Sianok Bukittinggi, 19 Desember 1948, ia mengusulkan pembentukan
suatu pemerintah darurat (emergency government). Gubernur Sumatra Mr.
T.M. Hasan menyetujui usul itu "demi menyelamatkan Negara Republik
Indonesia yang berada dalam bahaya, artinya kekosongan kepala
pemerintahan, yang menjadi syarat internasional untuk diakui sebagai
negara".
Pada 22 Desember 1948, di Halaban, sekitar 15 km dari Payakumbuh, PDRI
"diproklamasikan" . Sjafruddin duduk sebagai ketua/presiden merangkap
Menteri Pertahanan, Penerangan, dan Luar Negeri, ad. interim.
Kabinatenya dibantu Mr. T.M. Hasan, Mr. S.M. Rasjid, Mr. Lukman Hakim,
Ir. Mananti Sitompul, Ir. Indracahya, dan Marjono Danubroto. Adapun
Jenderal Sudirman tetap sebagai Panglima Besar Angkatan Perang.
Sjafruddin menyerahkan kembali mandatnya kepada Presiden Soekarno pada
tanggal 13 Juli 1949 di Yogyakarta. Dengan demikian, berakhirlah riwayat
PDRI yang selama kurang lebih delapan bulan melanjutkan eksistensi
Republik Indonesia.
Mr. Assaat
Dalam perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) yang ditandatangani di
Belanda, 27 Desember 1949 diputuskan bahwa Belanda menyerahkan
kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS). RIS terdiri dari 16
negara bagian, salah satunya adalah Republik Indonesia. Negara bagian
lainnya seperti Negara Pasundan, Negara Indonesia Timur, dan lain-lain.
Karena Soekarno dan Moh. Hatta telah ditetapkan menjadi Presiden dan
Perdana Menteri RIS, maka berarti terjadi kekosongan pimpinan pada
Republik Indonesia.
Assaat adalah Pemangku Sementara Jabatan Presiden RI. Peran Assaat
sangat penting. Kalau tidak ada RI saat itu, berarti ada kekosongan
dalam sejarah Indonesia bahwa RI pernah menghilang dan kemudian muncul
lagi. Namun, dengan mengakui keberadaan RI dalam RIS yang hanya beberapa
bulan, tampak bahwa sejarah Republik Indonesia sejak tahun 1945 tidak
pernah terputus sampai kini. Kita ketahui bahwa kemudian RIS melebur
menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 15 Agustus 1950. Itu
berarti, Assaat pernah memangku jabatan Presiden RI sekitar sembilan
bulan.
Nah sobat Percil, dengan demikian, SBY adalah presiden RI yang ke-8. Urutan
Presiden RI adalah sebagai berikut: Soekarno (diselingi oleh
Sjafruddin Prawiranegara dan Assaat), Soeharto, B.J. Habibie,
Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang
Yudhoyono.
Sudah
kenal dengan simbol @ yang sering disebut “at”, “a keong”, atau
sebutan lain, kan? Dari mana sih sebetulnya simbol itu dan
simbol-simbol lain yang sering dipakai dalam dunia komputer berasal?
Pada saat
Perang Dunia II para insinyur mengartikan angka 0 sebagai “mati”
dan 1 sebagai “nyala”. Tahun 1973, International Electrotechnical
Commission membuat logo berupa lingkaran yang ditusuk oleh garis,
untuk menunjukkan keadaan siaga (stand by). Lalu, Institute of
Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menganggap logo itu tak
menggambarkan arti sebenarnya. IEEE lalu membuat logo itu mengacu pada
tombol daya.
Para
pengembang Mac sedang berembuk untuk membuat sebuah tombol spesial,
tombol Command. Tadinya, tombol itu akan memakai logo Apple. Tapi,
Steve Jobs kurang suka. “Terlalu banyak logo Apple di layar. Saya
blenger!,” Andy Hertzfeld, salah satu pengembang Mac, mengutip Jobs
pada saat bercerita kepada Popsci. Seorang artis digital Susan Kare
melihat-lihat simbol-simbol internasional dan pandangannya jatuh kepada
sebuah simbol yang menandakan ada atraksi di tempat berkemah. Simbol
itu juga dikenal sebagai “perulangan Gorgon” dan dalam standar
Unicode, arti simbol itu adalah “tempat simbol-simbol menarik”.
Ada raja
dari Denmark yang juga dikenal sebagai ahli buah arbei biru–salah
satu giginya berwarna biru–bernama Harald BlÃ¥tand. Logo Bluetooth
yang dipakai saat ini merupakan perpaduan dari inisialnya. Blåtand
juga terkenal karena menyatukan berbagai kepentingan politik dari
kelompok yang sekarang dikenal dengan nama Norwegia, Swedia, dan
Denmark. Seperti halnya fungsi Bluetooth saat ini: menghubungkan
beberapa alat agar dapat berkomunikasi.
Logo USB
seperti trisula, betul? Memang dari situlah idenya. Toh perangkat
USB, seperti flash disk dan modem, juga ditusukkan seperti trisula.
Bedanya, kalau ketiga ujung trisula berbentuk segitiga, ketiga ujung
logo USB terdiri dari lingkaran, segitiga, dan segiempat. Ketiga
bentuk itu menandakan kalau USB bisa dipakai oleh berbagai periferal.
Tombol
Play memang tidak asli berasal dari komputer. Tombol ini ditambahkan
ke keyboard sebagai fungsi multimedia. Pada tahun 1960-an, logo
segitiga ini dipakai sebagai simbol tape deck. Arah segitiga
menunjukkan arah putaran pita kaset.
Ada yang
bilang simbol Pause ini merupakan modifikasi simbol Stop yang
dibelah. Tahu kan kalau simbol Stop adalah bujur sangkar? Pendapat
lain menyebutkan kalau tombol Stop ini berasal dari salah satu simbol
dalam bagan elektronika, yakni simbol yang menunjukkan hubungan
terbuka. Ada juga yang berpendapat kalau simbol berupa dua garis itu
berasal dari notasi musik, penggalan (caesura).
Logo
siaga (stand by) yang dibentuk dari angka 0 dan 1 dipakai untuk
simbol tombol daya–di awal artikel sudah disebut. Nah, IEEE merasa
bertanggung jawab mencari tombol baru sebagai logo siaga. Dapatlah
simbol bergambar bulan. IEEE pun mengubah istilah “siaga” menjadi
“tidur” alias sleep.
Simbol @
dipakai oleh para akuntan pada tahun 1885 sebagai singkatan dari “at
the rate of”. Mundur lagi ke masa lampau, konon para biksu telah
memakai simbol ini untuk pengganti kata “di” atau “kea arah”. Simbol
ini dipakai dalam dunia komputer ketika seorang Raymond Tomlinson,
programmer dari Bolt, Beranek & Newmann menggunakannya untuk
memisahkan nama komputer (yang sudah terhubung ke jaringan) dari
penggunanya.
Tahun
1995, para pengembang di Apple sudah selesai mendesain FireWire.
Tapi, mereka belum mendapatkan simbol yang tepat untuk menggambarkan
fungsi FireWire yang menawarkan kecepatan tinggi untuk perangkat audio
dan video. Setelah beberapa saat, mereka berhasil membuat simbol
yang memiliki tiga cabang. Ketiga cabang itu mewakili video, audio,
dan data. Awalnya simbol FireWire berwarna merah, tapi tanpa alasan
yang jelas, warna simbol berubah jadi kuning.
Simbol
ini disebut “bola pantai” yang menandakan “kematian” (spinning beach
ball of death–SBBOD). Inilah logo yang muncul di Mac ketika ada sebuah
program yang hang. Apple secara resmi menyebutnya sebagai “spinning
wait cursor”. Asal mula simbol yang dipakai di kursor ini masih jadi
misteri. Tapi, bila dirunut, simbol ini merupakan evolusi simbol yang
lebih dulu dipakai Apple, yakni simbol jam tangan.
Menurut
desainernya, David Hill dari IBM, simbol ethernet menggambarkan
adanya jaringan komputer yang sedang aktif. Kotak-kotak dalam simbol
tersebut, yang disusun tanpa hierarki, menyimbolkan komputer-komputer
yang terhubung dalam jaringan.
Pada
awalnya, dalam bahasa latin, untuk mengindikasikan pertanyaan, orang
harus menuliskan kata "Questio" di akhir kalimat untuk menandakan bahwa
kalimat tersebut adalah kalimat tanya. Maka untuk menghemat tempat,
kata tersebut akhirnya disingkat menjadi qo, yang kemudian
dimampatkan lagi menjadi huruf q kecil di atas huruf o, yang akhirnya
makin lama makin habis menjadi titik dan garis mirip cacing, persis
seperti tanda tanya kita sekarang. 2. Tanda Seru
Seperti
tanda tanya, awalnya juga dimulai dengan menumpuk huruf. Tanda ini
berasal dari kata dalam bahasa Latin "io" yang berarti "seruan
kegembiraan". ketika huruf i ditulis di atas huruf o, lama-lama
dipersingkat seperti tanda seru kita sekarang ini.
3. Tanda Sama Dengan
Ditemukan
oleh ahli matematika Inggris Robert Recorde pada 1557, dengan
pemikiran seperti ini (dalam bahasa Inggris kuno) "I will settle as I
doe often in woorke use, a paire of paralleles, or Gmowe [i.e., twin]
lines of one length, thus : , bicause noe 2 thynges, can be more
equalle." atau terjemahannya: "Aku akan menggunakan tanda ini seperti
biasanya, sepasang garis sejajar, atau kembar dengan panjang yang
sama, karena tidak ada dua hal lagi yang bisa lebih sama dengan dua
garis sejajar ini." Tanda sama dengan asli temuan Robert setidaknya 5
kali lebih panjang dari yang kita kenal sekarang.
4. Ampersand
Simbol
ini adalah bentuk stilir dari "et" dalam bahasa Latin yang berarti
"Dan." Tanda ini ditemukan oleh Marcus Tullius Tiro, seorang penulis
dari abad pertama di Roma. Nama Ampersand baru diberikan setelah 17
abad kemudian. Pada awal 1800-an, murid sekolah belajar simbol ini
sebagai huruf ke 27 setelah Z, tapi masih tanpa mana. Jadi di awal
1800-an ini mereka belaar ABC dengan "and per se, and" yang berarti
"&" dan kemudian karena saking cepatnya dibaca, akhirnya menjadi
"ampersand".
5. Octothorp
Nama
aneh untuk tanda penomoran ini datang dari kata "Thorpe", kata dalam
bahasa Normandia Kuno untuk desa atau tanah pertanian yang sering
ditemui dalam bahasa Inggris untuk nama tempat. AWalnya digunakan untuk
pembuatan peta, yang berarti desa yang di kelilingi delapan
pertanian. Karena delapan (octa) dan pertanian (thorpe), maka muncul
nama ini, Octothorp. 6. Tanda Dollar
Pemerintah
Amerika baru menerbitkan uang mereka sendiri pada 1794, dan pada
waktu itu masih menggunakan mata uang dunia lama - peso - atau Dollar
Spanyol. Koin 1 Dollar Amerika pertama persis sekali seperti uang
Peso Spanyol, baik berat maupun nilainya, jadi mereka mengambil
singkatan yang sama: Ps. Makin lama perkembangannya, huruf P ditulis
menimpa S, dan kemudian mulai lingkaran di atas P tadi dibuang, jadi
hanya huruf S yang ditimpa dengan garis vertikal.
Perawatan gigi yang benar sebaiknya dimulai bahkan sebelum bayi mulai
tumbuh gigi pertamanya. Walaupun tidak terlihat, gigi sebenarnya sudah
terbentuk sejak trimester kedua masa kehamilan. Pada saat kelahiran,
seorang bayi sudah memiliki 20 gigi susu di dalam rahangnya.
Orang
tua mempunyai peranan penting untuk mengajari anak akan kebiasaan untuk
selalu menjaga kesehatan gigi, sebab gigi tidak dapat tergantikan oleh
apapun, kapanpun, dimanapun. Kerusakan gigi dapat terjadi pada bayi
bila orang tua memiliki kebiasaan yang kurang baik seperti membiarkan
bayi tidur dengan botol susu di mulutnya. Menurut beberapa dokter gigi
anak, kebiasaan semacam ini dapat merusak gigi bayi bila dibiarkan terus
menerus.
Gula yang terdapat pada susu yang menempel terus di gigi
bayi selama berjam-jam dapat merusak enamel gigi. Awalnya dapat terjadi
perubahan warna pada gigi depan. Lama kelamaan bila dibiarkan dapat
timbul lubang gigi. Orang tua juga harus membiasakan waktu minum susu
yang teratur karena menghisap botol susu terus menerus sepanjang hari
dapat merusak gigi bayi.
Lubang gigi dapat timbul karena makanan yang
menempel pada gigi dan tidak segera dibersihkan. Makanan tersebut akan
membentuk semacam zat asam yang dapat merusak lapisan-lapisan gigi. Bila
lapisan gigi rusak maka akan timbul lubang gigi. Menyikat gigi
sedikitnya dua kali sehari dapat menjaga kesehatan gigi. Anak usia 2
atau 3 tahun sudah mulai dapat menggunakan pasta gigi saat menyikat gigi
asalkan dengan diawasi orang tua. Pasta gigi yang diberikan tidak perlu
banyak. Pastikan anak meludahkan pasta giginya keluar setelah menyikat
gigi. Sebaiknya anak diperiksa giginya pada dokter gigi yang khusus
merawat anak-anak atau yang biasa disebut dokter gigi anak (pediatric
dentist). Dokter gigi anak dapat merawat berbagai masalah kesehatan gigi
yang umumnya dihadapi oleh anak-anak.
Dokter gigi anak bekerja
dengan tujuan pencegahan masalah-masalah kesehatan gigi sebelum timbul,
dan perawatan melalui pemeriksaan teratur agar gigi dan gusi tetap
sehat. Sebaiknya seorang anak dibawa mengunjungi dokter gigi pada
usia satu tahun. Dokter gigi akan menjelaskan bagaimana cara
membersihkan gigi yang baik dan benar. Dokter gigi juga akan memeriksa
keadaan kesehatan gigi anak.
Kunjungan awal seperti itu dapat
membantu mengenali masalah-masalah yang mungkin timbul. Selain itu,
kunjungan ini dapat membuat anak menjadi terbiasa dan tidak takut
terhadap dokter gigi. Biasakan untuk melakukan kunjungan teratur ke
dokter gigi paling tidak setahun sekali seiring dengan pertumbuhan anak.
Pembatasan asupan gula dan sikat gigi secara teratur dapat membantu
menjaga kesehatan gigi.
Ada baiknya kita pahami artikel dibawah ini, agar kita tetap aman berkendara sobat :
1. Siapkan sepeda motor anda
jangan berperang dng pedang yg rusak makanya periksa motor anda sebelum mulai berkendara kalo ada suku cadang yg perlu diganti, jangan menunggu, gantilah kalo ada yg perlu diperbaiki, langsung perbaiki jangan pernah menganggap enteng masalah2 yg ditemukan krn bukan cuma akan mengganggu proses perjalanan tapi juga bisa membahayakan keselamatan.
2. Gunakan pelindung diri
Contohnya :
helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dll
3. Berusahalah utk gampang terlihat
pakailah perlengkapan yang gampang terlihat
lebih baik lagi bila bisa merefleksikan cahaya (flourescent)
begitu juga dng warna dari bagian2 motor
ini akan membantu anda utk gampang terlihat oleh pengguna jalan lain
4. Jaga jarak menjaga bila kendaraan di depan dan di sekeliling tiba2 berhenti
5. Bersiap menghadapi kecelakaan
setiap kali berkendara, bersiaplah menghadapi segala kemungkinan terburuk
termasuk kecelakaan
dng konsep ini, anda akan lebih berhati2 dan akan berkendara secara defensif
berhatilah di setiap belokan, persimpangan, lalu lintas dari arah berlawanan,
dan tempat2 ramai yg dilewati (pasar, sekolah, dll)
7. Bila mungkin, hindari berkendara di malam hari
8. Ride your own ride
jangan coba berkendara utk gaya-gayaan
jangan juga utk membuat orang terkagum2
sadari kemampuan diri, dan selalu ingat utk memprioritaskan keselamatan
bukan yg lain.
Selain memberi nilai plus pada penampilan, kaki yang cantik dan sehat
pun akan terasa lebih terawat. Tapi bagaimana jika kaki tiba-tiba
mengeluarkan bau tak sedap?
Sebenarnya bau tak sedap itu merupakan
gejala dari adanya aktivitas yang berlebihan dari kelanjar keringat pada
kaki. Keringat berlebihan yang dihasilkan tersebut kemudian menjadi
tempat berkembang bakteri dan jamur yang akhirnya menimbulkan bau yang
berlebihan di sekitar daerah tersebut. Untuk mengatasinya lakukan hal
sebagai berikut:
1. Jaga kebersihan dan kelembaban kaki, terutama di
bagian-bagian tertutup yang sering berkeringat seperti di sela-sela jari
dengan menggunakan sabun maupun bedak khusus anti jamur dan bakteri.
Sebaiknya jangan menggunakan produk yang mengandung wewangian untuk
menghilangkan bau tersebut, karena selain sifatnya sementara juga akan
menimbulkan bau lain yang lebih tajam dari sebelumnya. 2. Selalu
mengganti kaus kaki setelah melakukan aktivitas untuk mencegah
berkembang biaknya bakteri dan jamur pada kaki. Pilih kaus kaki yang
terbuat dari bahan yang mempunyai daya serap tinggi seperti bahan
sintetik. 3. Sebaiknya sediakan beberapa pasang sepatu untuk setiap
kegiatan yang berbeda. Misalnya, sepatu untuk bekerja tidak digunakan
saat bersantai maupun berolahraga. 4. Hindari sepatu atau sandal yang terbuat dari plastik karena akan membuat kaki cepat panas dan berkeringat. 5.
Perhatikan jenis makanan yang Anda asup. Hindari mengkonsumsi jenis
makanan pedas yang akan membuat tubuh cepat berkeringat. Pasalnya, ini
juga akan merangsang timbulnya bau akibat bakteri dan jamur tersebut. 6.
Tannic acid atau sejenis zat untuk menyamak yang terdapat dalam teh
dapat digunakan untuk menyegarkan dan mengurangi bau tak sedap pada
kaki. Caranya, seduhlah teh dengan menggunakan 5 gelas air hangat,
Kemudian gunakan air teh tersebut untuk merendam kaki selama kurang
lebih 10 menit. Setelah itu gunakan sabun khusus untuk membersihkan
kaki. Bilaslah dengan air bersih dan keringkan.
Ternyata mudah, kan, untuk mendapatkan kaki yang indah?