Kamis, 14 Oktober 2010

Inilah macam macam banjir yang ada disekitar kita



Apakah anda sudah tahu mengenai macam-macam atau jenis-jenis banjir? berikut ini jenis banjir yang terkemuka :
Banjir (air)
Banjir ini diakibatkan meluapnya air sungai, got, gorong-gorong atau saluran air lainnya karena debit atau jumlah air melebihi kapasitas saluran air yang ada. Luapan air tersebut bahkan dapat sangat berbahaya dan tingginya dapat melampui atap sebuah rumah.

Banjir cileuncang
Di daerah bandung dan sekitarnya ada istilah “banjir cileuncang” atau banjir dadakan. Banjir ini terjadi jika air yang dihasilkan dari hujan lebat tidak dapat segera dibuang melalui saluran air/drainase/gorong-gorong/got yang ada disamping jalan. Analogi yang tepat untuk hal ini adalah ketika anda mengisi air/minyak menggunakan corong, maka kadang akan terlihat air/minyak yang anda isikan akan dapat naik sampai ke bibir corong walaupun akhirnya air/minyak tersebut akan habis masuk ke dalam saluran corong.

Banjir Pasang laut (Rob)
Rob merupakan banjir akibat laut pasang yang sangat tinggi. Saking tingginya pasang laut tersebut, air yang berasal dari sungai seakan-akan akan tertahan dan mengikuti tingginya permukaan air laut. Air akan meluap bila tingginya melebihi tinggi sisi sungai atau tanggul dari sungai. Banjir ini umumnya terjadi di Jakarta.Selain karena dampak pemanasan global, juga akibat menurunnya permukaan tanah di Jakarta secara umum.



 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka