Sabtu, 02 Oktober 2010

Pecipta Koprol.com Dan Sejarah Perkembangan Koprol.com


 

Koprol yang semula merupakan proyek iseng PT SkyEight Indonesia tersebut, menurut saya, melambangkan dinamika masyarakat kota Jakarta yang mobilitasnya tinggi, sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. "Jaman sekarang, kita ingin setiap berpindah tempat ada yang menemani, nah dengan Koprol itulah,"katanya.


Kenapa namanya Koprol? "Itu sih kita cari-cari saja nama yang lucu, artinya orang gelinding. Lalu anak-anak ngartiin koprol pindah dari satu tempat ke tempat lain," kata Satya yang ditemui di kantor PT SkyEight Indonesia, perusahaan pencipta Koprol, Jalan Radio I, Jakarta, Sesuai namanya, Koprol memang dirancang buat orang-orang yang mobile.


Setelah meluncurkan aplikasi bagi pengguna BlackBerry, ternyata Koprol tak akan secara khusus menyediakan layanan bagi smartphone lain semacam iPhone atau Android. Bahkan dalam pernyataannya, Satya Witoelar selaku Chief Creative Officer Koprol mengatakan "Kita justru akan memikirkan agar Koprol lebih mudah diakses oleh ponsel-ponsel biasa,".


Demikian juga yang dinyatakan oleh Michael Smith, Developer Network Director, Yahoo! South East Asia. Menurut Smith, pengguna iPhone maupun Android di Indonesia masih sedikit.


Lebih mungkin bagi Yahoo! untuk mengembangkan aplikasi Koprol untuk ponsel Nokia, mengingat besarnya jumlah pengguna ponsel Nokia di Indonesia. Selain mengakuisisi Koprol, Yahoo! juga baru saja meneken kerja sama strategis dengan Nokia.


Sementara itu, Vice President and Managing Director Yahoo! Southeast Asia Yvonne Chang mengatakan bahwa untuk saat ini Yahoo! akan mengembangkan Koprol untuk pasar Indonesia. "Tapi, nanti layanan ini juga bisa berkembang lebih luas, karena layanan internet tidak mengenal batas wilayah," tutur Chang.


Koprol memang menawarkan yang selama ini dicari oleh Yahoo!, yaitu layanan geolokasi. Beberapa waktu lalu, Yahoo! sempat gagal mengakuisisi Foursquare, yang menyediakan layanan, yang kurang lebih mirip dengan Koprol. Itulah mengapa Yahoo! menaruh pilihan untuk mengakuisisi Koprol
 

 





















 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka