Jumat, 04 Maret 2011

Informasi Gizi Dalam Makanan


Informasi nilai gizi selama ini masih terbatas pada produk makanan dan minuman dalam kemasan. Padahal informasi gizi juga penting untuk dicantumkan dalam daftar menu makanan dan minuman yang tersedia di restoran atau rumah makan.

Itu karena informasi nilai gizi membuat Anda para konsumen semakin cerdas dan selektif dalam memilih makanan sehat. Faktanya, menurut hasil survei World Menu Report yang dilakukan oleh Unilever Food Solutions, sembilan dari sepuluh konsumen menuntut adanya informasi yang lebih, mengenai makanan yang mereka konsumsi saat makan di luar rumah.
Survei ini dilakukan dengan cara mewawancarai sampel dari orang-orang yang mewakili tujuh negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Cina, Rusia, Brasil dan Turki.

"Kebiasaan makan di seluruh dunia berubah dalam lima puluh tahun terakhir yang sangat dipengaruhi gaya hidup masyarakat yang makin dinamis. Saat ini sebenarnya konsumen yang makan di luar rumah ingin lebih tahu tentang makanan yang dikonsumsinya. Tetapi masalahnya sebagian besar restoran atau tempat makan tidak mencantumkan informasi gizi secara detail dalam menu," kata Adam Djokovic, Managing Director Unilever Food Solutions dalam acara paparan hasil penelitian World Menu Report 2011, di Intercontinental Mid Plaza, Jakarta, 24 Februari 2011.

Hasil survei juga menunjukan 87 persen responden mengatakan bahwa mereka akan membuat keputusan yang lebih sehat saat memilih makanan jika disediakan informasi tentang nilai nutrisi yang terkandung di dalam menu. Bisa dikatakan, konsumen saat ini semakin kritis dan selektif dalam memilih makanan. Terutama konsumen dari kalangan menengah atas.

Juga diketahui dari hasil survei, tiga hal utama yang sangat ingin diketahui orang saat makan di luar rumah. Yaitu sumber makanan, bagaimana proses pembuatan makanan tersebut dan nilai nutrisi yang terkandung didalamnya.

Unilever Food Solutions, World Menu Report merupakan jurnal yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Isinya adalah hasil survei pengukuran sikap dan tingkah laku orang saat makan di luar. Survei ini dilakukan pada 3500 responden (500 dari tiap negara) yang makan di luar setidaknya satu kali dalam seminggu.
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka