Sabtu, 25 September 2010

Ternyata Kematian Akibat Serangan Jantung, Wanita Lebih Besar


PENYAKIT jantung menjadi momok banyak orang sebab serangannya yang tiba-tiba memunculkan potensi kematian. Tahukah Anda bahwa wanita mengalami gejala serangan jantung yang berbeda daripada pria?

Simak daftar 10 fakta soal jantung yang harus diketahui wanita, seperti diulas Health24.

Berbeda gejala

Wanita mengalami gejala serangan jantung berbeda dibandingkan pria. Gejala tak tampak pada wanita, adalah rasa tidak nyaman di dada, tekanan atau rasa sakit di punggung atas, bahu dan leher, sakit perut, pusing dan pingsan, mual, berkeringat, dan jantung berdebar; perasaan cemas dan lemah yang tak bisa dijelaskan, kelelahan dan sesak napas, serta kesulitan bernapas.

Jangka lebih lama

Jangka waktu penyakit jantung pada wanita berlangsung lebih lama daripada pria. Risiko penyakit jantung pada wanita meningkat tiga kali lipat setelah menopause.

Akibat tak segera cari perawatan

Wanita punya kemungkinan 50 persen lebih besar untuk meninggal pada tahun pertama serangan jantung daripada pria. Sebagai penelitian menegaskan, sebanyak 46 persen wanita menunggu waktu lebih lama untuk mencari perawatan medis darurat untuk gejala serangan jantung yang dialaminya.

Pil KB meningkatkan risiko

Pil kontrasepsi oral meningkatkan risiko pembekuan darah dan serangan jantung, terutama pada perokok. Pil komplikasi penyakit lainnya, termasuk pil tekanan darah tinggi, lemak darah tinggi, diabetes, dan kerusakan pada dinding arteri.

Efek histerektomi

Setelah menjalani histerektomi, risiko seorang wanita mengalami serangan jantung meningkat sekira 17 persen.

Peminum sedang

Peminum berat alkohol meningkatkan risiko wanita terhadap serangan jantung sebesar 30 persen. Kemudian, minum tiga jenis minuman beralkohol setiap pekan (atau jika mungkin, tidak sama sekali) dapat mengurangi risiko wanita mengembangkan penyakit tekanan darah tinggi.

Perselisihan rumah tangga

Konflik antara pasangan berhubungan dengan risiko tinggi serangan jantung pada wanita berusia antara 30-65 tahun.

Kolesterol darah tinggi

Studi menunjukkan bahwa kolesterol wanita lebih tinggi daripada pria mulai usia 55 tahun dan seterusnya. Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Penyakit tersembunyi

Wanita lebih mungkin daripada pria untuk memiliki jenis penyakit koroner tersembunyi karena otot jantung wanita cenderung kurang oksigen.

Kurang tidur

Rendahnya kualitas tidur ataupun sulit tidur lebih dari dua malam dalam sepekan berhubungan dengan tingkat fibrinogen (molekul protein yang penting bagi tubuh manusia) yang lebih tinggi. Faktor pembekuan fibrinogen dihubungkan dengan stroke yang meningkatkan risiko penyakit jantung..
 
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka