Kamis, 04 November 2010

Tips Memilih Sepatu Olahraga


Jangan anggap sepatu sneakers yang biasa Anda pakai jalan-jalan juga cocok untuk dipakai berolahraga. Salah pilih sepatu olahraga, bisa-bisa kaki Anda malah cidera.
Jangan pilih sepatu multifungsi
Sepatu sneakers biasa biasanya lebih keras atau padat, sedangkan sepatu untuk olahraga jauh lebih fleksibel, dengan bantalan ekstra untuk meredam efek getaran. Untuk kedua aktivitas itu, belilah masing-masing satu pasang.
Ukur kaki secara berkala
Jangan dikira ukuran kaki tidak berubah setelah dewasa. Menurut penelitian, makin hari ukuran kaki seseorang bisa berubah. Cek ulang ukuran kaki Anda minimal dua kali setahun.
Beli setelah beraktivitas
Ukuran kaki bisa berkembang tergantung pada aktivitas. Usahakan membeli sepatu ketika kaki dirasakan sedang dalam ukuran terbesarnya.
Bawa kaus kaki
Hal ini dikarenakan kaos kaki menyempurnakan kenyamanan saat memakai sepatu. Bawa kaus kaki yang biasa Anda pakai sehingga sepatu yang Anda coba di toko pas dengan bentuk dan lekuk kaki saat sepatu akan digunakan untuk berolahraga.
Jangan langsung merasa enak
Jangan langsung jatuh hati pada sepatu yang ingin Andabeli hanya dengan mencobanya di depan cermin. Pakai dulu berjalan atau berlari di sekitar toko biar betul-betul enak memakainya saat berolahraga.
Sesuaikan aturan ibu jari
Perhatikan jarak ideal sepatu dengan ibu jari kaki, punggung kaki, dan tumit kaki. Kalau terlalu longgar tentu akan selip, tapi terlalu ketat juga bisa bikin lecet.
Money doesn't lie
Kebutuhan dan anggaran setiap orang untuk membeli sepatu olahraga pasti berbeda-beda. Namun, percayalah bahwa harga murah belum tentu memiliki kualitas yang lebih baik dari barang dengan harga sedikit lebih mahal.
Perhatikan kapan harus mengganti
Idealnya, sepatu olahraga sudah bisa diganti setelah dipakai sejauh 500-600 kilometer. Juga, jika sol bawah mulai tipis dan sepatu dirasa tak nyaman lagi, sudah saatnya Anda membeli sepatu olahraga yang baru.

  

kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka