Minggu, 12 Desember 2010

Penyebab Gigi Renggang Dan Besar - Besar


Detail Berita

SAYA Mom dari Cheryl (5 tahun).Kenapa ya gigi anak saya tidak rapat (tumbuh giginya jarang-jarang)? Saya khawatir kalau terbawa sampai dewasa, mengingat anak saya perempuan bisa memengaruhi rasa percaya dirinya. Apakah gigi jarang bisa rapat dengan sendiri seiring pertumbuhannya?

drg. Tuti Octavira dari Metro Permata Clinic mengatakan, pada usia tertentu, anak masih punya gigi susu dan gigi tetap. Kondisi ini sering disebut perioda geligi campur (kurang lebih sebelum 12 tahun) dimana letak/susunan gigi terlihat renggang/terdapat celah. Namun, jika sampai usia 12-13 tahun masih belum juga rapi perlu konsultasi ke dokter gigi agar bisa dipastikan apakah perlu bantuan dengan perawatan ortodontik atau tidak.

Faktor Penyebab

Gigi yang terlihat renggang disebabkan oleh gigi susu tidak tumbuh membesar sesuai dengan  tulang rahang tempat dimana gigi tumbuh. Nanti, begitu gigi susu tanggal maka akan tumbuh gigi tetap dengan ukuran lebih besar dan sesuai rahang si kecil.

Gigi renggang bisa saja berlanjut sampai anak usia sekolah. Biasanya karena adanya kelainan jumlah gigi dan gigi tanggal sebelum waktunya. Atau bisa juga terjadi karena adanya ketidakseimbangan dalam jadwal tumbuh kembang dan tanggalnya gigi-gigi susu yang terlalu cepat terjadi.

Gigi Jarang vs Gigi Berjejal

Sebuah gigi saat tumbuh pertama kali ukurannya tidak berubah. Sebaliknya ukuran setiap bagian tubuh kita yang lain termasuk rahang selalu berkembang sesuai proses tumbuh kembang tubuh. Artinya, makin tambah usia makin besar pula tubuhnya.
Masa pertumbuhan gigi tetap berkisar usia 6 sampai 14 tahun. Sedangkan proses tumbuh kembang tubuh akan selesai berkisar usia 16-18 tahun.

Kenyataannya, sering kali geligi tetap tumbuh berjejal pada awal masa tumbuhnya. Karena geligi ini terletak pada rahang anak-anak, sedangkan gigi tetap sebetulnya didisain untuk tubuh dengan ukuran orang dewasa. Sehingga, begitu tubuhnya berkembang menjadi ukuran tubuh orang dewasa maka gigi yang berjejal tadi jadi tumbuh dalam suatu susunan yang normal.

Sebaliknya, ada pula anak yang geliginya terlihat renggang pada masa transisi (antara 6-14 tahun). Padahal, tubuhnya sudah mulai membesar tapi giginya masih gigi susu yang ukurannya tidak bertambah.
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka