Senin, 07 Juni 2010

10 Tempat Paling Ekstrim yang Mencengangkan Dunia

10 Tempat Paling Ekstrim yang Mencengangkan Dunia


10 Tempat Paling Ekstrim yang Mencengangkan Dunia
Ini adalah 10 daftar tempat di seluruh dunia yang dinilai kondisinya paling ekstrim. Dari tempat yang bersuhu paling panas, paling dingin, paling basah dan sebagainya.
Salah satu tempat yang digolongkan paling ekstrim adalah padang gurun Lut Desert, Iran, yang berdasarkan pantauan Satelit NASA suhu permukaannya mencapai 71 drajat celcius. Inilah tempat terpanas di dunia. 

Woww..kebayang nggak suhu mencapai setinggi itu, artinya luar biasa panas, dan manusia pasti tidak akan tahan tinggal di sana. Benarkah di Lut Desert tidak ada makhluk hidup?
Tahukah anda kalau tempat terdingin di dunia ternyata bukan di Antartika yang selalu diselimuti es melainkan sebuah desa di Rusia. Nama desa itu adalah Oymyakon. Berdasarkan catatan, pada 26 Januari 1926,  suhu di desa itu pernah mencapai -71, 2 drajat celcius. Oh..nyaris beku.Ini adalah suhu terendah bagi sebuah daerah yang diddiami secara permanen. Meski dinginnya suhu begitu menggigit dan mencapai di bawah nol, namun ternyata tempat ini bukan daerah kosong. Penduduknya cukup banyak, sekitar 800 jiwa.  
Sebaliknya di Antartika, yang selama ini dalam bayangan kita tertutup es seluruhnya, ternyata tidak demikian. Mungkin anda akan tercengang melihat foto sebuah daerah di Antartika ini. Lihatlah, tempat ini dikenal sebagai Lembah Kering lantaran tidak ada sedikitpun lapisan es di sana. Asli, benar-benar kering! Ini sungguh unik, lembah kering ini dikelilingi kawasan berlapis es. Sungguh merupakan keajaiban alam. (Coba lihat picturenya..unik dan menarik!).
Yang terasa luar biasa, ternyata hujan tak pernah turun di lembah ini sejak dua juta tahun lalu. Uniknya, di sana ada danau. Dari mana air danau, padahal tak pernah ada hujan turun. Menurut penelitian, air yang mengisi danau mengalir dari bawah tanah yang berasal dari sungai yang penuh air pada musim panas. Juga yang perlu dicatat, tidak pernah ada embun di Lembah Kering ini. Iniah salah satu fenomena alam yang ajaib.

Mt Chimborazo di Ekuador tingginya hanya 6.310 meter, jauh di bawah gunung tertinggi di dunia Mount Everest yang tingginya mencapai 8,848 meter. Uniknya, Mount Chimborazo pun disebut gunung tertinggi yang berada di pusat bumi. Ini karena bumi tidak bulat.
Yang juga unik adalah sebuah pulau kecil di selatan samudera atlantik. Namanya,Tristan de Cunha. Pulau ini tidak memiliki lapangan terbang. Lokasinya  sangat terisolir, dengan hanya 272 orang penduduk yang semuanya memiliki pertalian keluarga
Angel Falls di Venezuela adalah air terjun terkenal karena tingginya juga karena keindahannya. Berada di ketinggian 3230 काकी.
Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka