Minggu, 26 Desember 2010

Mengenal 5 Virus Yang Berbahaya Bagi PC


Virus komputer adalah sebuah program yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lain. Suatu virus dapat kita ketahui keberadaannya dengan mudah karena menyebabkan efek yang mudah diketahui, tetapi ada juga virus yang efeknya tidak terlihat secara langsung tetapi mengakibatkan kerusakan data yang sangat parah.
Penanganan antara satu virus dengan virus yang lain juga berbeda tergantung dari jenis virus tersebut. Karena itu pengetahuan tentang macam macam virus komputer beserta karakteristiknya sangat diperlukan untuk dapat melakukan penanganan virus dengan benar dan tidak menghilangkan data yang disembunyikan oleh virus komputer tersebut.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh virus komputer di komputer korban, virus komputer terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Virus Boot Sector

Virus boot sector ini menyerang komputer dengan cara mengganti boot sector asli dari suatu media penyimpanan, dengan sistem booting dari virus ini. Akibatnya ketika dilakukan booting dari media penyimpanan yang sudah terinfeksi virus ini akan menyebabkan media lain yang terhubung ke komputer akan terinfeksi.
Virus ini mampu mengendalikan semua perangkat yang terhubung ke suatu komputer, seperti scanner, printer, monitor, dan sebagainya. Jika virus ini aktif, maka sudah dipastikan komputer tidak akan bisa melakukan booting secara normal karena pertama kali yang diakses ketika komputer dinyalakan adalah boot sector ini.

2. Virus File

Virus file ini bekerja dengan menginfeksi suatu file atau aplikasi yang ada di dalam komputer. Misalnya saja virus file word akan menginfeksi dokumen-dokumen word yang ada di dalam komputer. Jika file yang sudah terinfeksi virus ini dibuka, maka semua file word yang ada di dalam komputer kita akan terinfeksi oleh virus ini.

3. Virus Email

Seperti namanya, virus ini bekerja dengan memanfaatkan email. Penyebaran dilakukan dengan cara memanfaatkan kontak alamat email yang ada di buku alamat email yang terinfeksi.  Biasanya virus ini terdapat dalam bentuk lampiran atau berupa suatu link alamat website.

4. Virus Registry Windows

Daftar macam macam virus komputer beserta karakteristiknya adalah virus registry Windows. Virus ini akan menyerang registry Windows dan mengubah registry Windows komputer yang diserangnya sesuai dengan program virus tersebut.

5. Virus Hybrid

Virus ini termasuk virus komputer yang sulit ditangani karena mempunyai dua kemampuan sekaligus. Biasanya virus ini akan menyerang boot sector dan juga bisa menginfeksi suatu file di dalam komputer.

Setelah kita mengetahui macam macam virus komputer beserta karakteristiknya, kita bisa menangani virus yang menginfeksi komputer kita tersebut dengan cara melihatnya pada process manager dan menghapus file program virus tersebut.
Untuk mencegah penyebaran virus komputer ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah dengan mematikan fungsi Auto Play dari flash disk. Fungsi auto play ini berguna untuk booting secara otomatis suatu media penyimpanan yang dihubungkan kepada komputer. Caranya adalah dengan mengetikkan gpedit.msc pada menu run->configuration->administrative template->system->Turn Off Auto Play.
Selain itu kita juga bisa menonaktikan fungsi registry dengan cara login menggunakan User Guest. Jangan lupa untuk selalu mengupdate anti virus secara rutin agar anti virus kita dapat mengenali virus-virus baru yang beredar.
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka