Rabu, 08 Desember 2010

Cinta Pada Anak


14 Bukti Cinta Pada Anak



Cinta bisa dikatakan. Namun cinta sejati tentu beriringan dengan perbuatan dan hal-hal yang akhirnya bisa menggambarkan, betapa anda sangat mencintai buah hati anda dan untuk dialah rasa kasih, sayang serta perhatian tercurahkan. Buat si kecil mengetahui bahwa dialah rasa cinta terbesar anda hingga kelak dia dewasa, dia akan mengerti, dia tumbuh dengan cinta yang besar dari orangtuanya.
Berikut ada 14 cara mengungkapkan cinta kepada si kecil. Apa saja?
1. Gunakan kata kata positif bila berbicara dengan anak Anda. Cobalah untuk menghindari penggunaan kata yang bersifat sarkasme. Anak sering tidak dapat memahaminya, dan jika mereka memahaminya maka akan menciptakan interaksi negatif antara orang tua dan anak
2. Menanggapi dengan penuh kasih kebutuhan fisik dan emosional anak Anda. Buanglah kosakata yang bersifat merendahkan pada pengasuhan Anda.  Jadilah pendengar yang baik jika anak Anda membutuhkan Anda sebagai teman bicara.
3. Buatlah upaya ekstra untuk menerapkan contoh yang baik di rumah dan di depan umum. Gunakan kata-kata seperti "Maafkan aku," "harap," dan "terima kasih."
4. Ketika anak Anda sedang marah, membantah atau dalam suasana hati yang buruk, tetap lakukan tindakan penenangan dengan memeluknya, berpelukan, menepuk, atau isyarat kasih sayang lain agar dia merasa nyaman dan kemudian berbicaralah dengan anak anda tentang masalah tersebut ketika dia sudah merasa lebih baik.
5. Gunakan penerapan disiplin non-kekerasan pada anak Anda. Penerapan disiplin secara dini sangat baik untuk anak Anda tapi tetap konsisten gunakan penerapan disiplin tanpa kekerasan.
6. Luangkan waktu dengan keluarga Anda untuk menemani anak Anda melakukan hal hal yang dia sukai.
7.  Rencakan permainan bersama keluarga pada jadwal kegiatan Anda sehingga seluruh keluarga bisa berkumpul bersama-sama.
8. Memiliki binatang peliharaan bisa membuat anak-anak, terutama yang memiliki penyakit kronis dan cacat, sehingga mereka bisa merasa lebih baik dengan merangsang aktivitas fisik dan meningkatkan keseluruhan sikap serta persahabatan anak Anda
9. Salah satu cara terbaik untuk membiasakan anak Anda menyukai makanan adalah dengan mengajak dia untuk memasak bersama. Biarkan dia terlibat dalam keseluruhan proses, mulai dari perencanaan menu, berbelanja bahan makanan dan persiapan makan. Perbanyak waktu makan bersama dengan keluarga Anda setiap hari
10. Sepanjang waktu pertumbuhan anak, dia akan menghabiskan waktunya untuk mengembangkan dan menyempurnakan berbagai keterampilan dan kemampuan dalam semua bidang hidupnya. Tugas Anda adalah membantunya dengan mendorong dan menyediakan peralatan yang dia butuhkan. Anda bisa mulai membacakan cerita sejak usia enam bulan. Hindari TV dalam dua tahun pertama, ganti waktu untuk menonton TV dengan berbincang bincang bersama dengan anak Anda. Batasi waktu untuk bermain komputer dan video.
11. Kesehatan anak Anda bergantung pada perawatan yang Anda berikan di awal awal tahun kehidupan. Jadi bawalah dengan teratur anak Anda ke Posyandu untuk Imunisasi, pemberian vitamin, monitor berat badan serta tumbuh kembang.
12. Jalin hubungan yang positif dengan lingkungan. Yaitu antara anak Anda dengan teman, saudara dan anggota masyarakat.
13. Salah satu hadiah yang paling  berharga sebagai orangtua yang bisa Anda berikan kepada anak adalah membantu anak Anda mengembangkan harga dirinya. Anak Anda membutuhkan dukungan dan dorongan yang mantap untuk menemukan kekuatan dari dalam dirinya. Dia membutuhkan Anda saat ia belajar untuk percaya pada dirinya sendiri. Mencintainya, menghabiskan waktu bersama dia, mendengarkan dia dan memuji prestasinya adalah bagian dari proses ini.
14. Jangan lupa untuk mengatakan, "Aku mencintaimu" kepada anak-anak dari segala usia!
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka