Rabu, 08 Desember 2010

Tumbuh Kembang Yang Luar Biasa Sejak Usia 1 Tahun


Tumbuh Kembang 1 Tahun



Setelah ulang tahun pertamanya, anak Anda kini mengalami tumbuh kembang yang luar biasa. Menurut para ahli, usia 12 hingga 24 bulan terjadi pertumbuhan dan perkembangan otak yang sangat cepat, dan hal ini menyebabkan berbagai perubahan luar biasa pada buah hati Anda. Termasuk di antaranya adalah kemampuan berjalan, berbicara, dan mengingat.
Si kecil akan bertambah tinggi tubuhnya antara 7,6 hingga 12,7 cm, sementara bobotnya bertambah antara 1,4 hingga 2,3 kg. Namun yang lebih mencengangkan adalah perkembangan kognitifnya. Yang dimaksud dengan kognitif adalah kemampuan untuk untuk berpikir, belajar, dan mengingat. Ia mulai memahami simbol, menirukan sesuatu (misalnya perilaku), berimajinasi, dan bermain pura-pura. Ia juga mulai berpikir kompleks dan melakukan permainan pura-pura, misalnya memberi minum bonekanya atau 'mengobrol' di telepon.

Otaknya tumbuh dramatis selama tahun kedua. Sejak mulai mampu mengingat si kecil kerap mengulang apa yang pernah dilakukannya. Misalnya melempar bola atau menumpuk balok mainan. Si kecil juga mulai memahami hubungan antarkejadian. Misalnya, kalau ia melempar bola, bola tersebut akan memantul. Tapi, hal ini juga berarti bahwa ia akan mencoba melempar benda lain-boneka, makanan, atau apa pun-untuk mengetahui apakah benda tersebut juga akan memantul.
Pada usia inilah anak membentuk ikatan emosional dengan orang yang merawatnya. Jangan heran jika perpisahan dengan orang tersebut membuatnya merasa tak nyaman. Si kecil mulai dapat membedakan dirinya dengan orang lain. Saat ini mungkin timbul ketakutannya saat menghadapi orang asing, yang berakibat ia semakin menempel pada orangtua atau pengasuhnya. Ia pun mulai ingin melakukan sesuatu dengan caranya sendiri, meskipun hal ini akan mudah menimbulkan konflik, kebingungan, dan-sesekali-kerusakan.

Kemampuan motorik berkembang setelah jaringan otot dan saraf anak mampu bekerja sama. Di usia ini anak sudah mulai mampu mengontrol gerakan dan koordinasinya. Kemampuan ini dimungkinkan oleh perubahan yang terjadi pada otak dan saraf tulang belakang. Koordinasi dan kemampuan mengontrol otot yang semakin halus ini dicapai saat otaknya bertumbuh dan menjadi matang. Umumnya anak mulai dapat berjalan pada sekitar usia 13 bulan.
Ketika si kecil mencapai tonggak perkembangan-misalnya berjalan-hal ini berarti ia telah menguasai kemampuan fisik dan kognitif yang dibutuhkan untuk mempelajari keterampilan lain. Sebentar lagi, ia akan segera bisa berlari, melompat, bahkan memanjat.

Tidak hanya motorik kasar, kemampuan motorik halusnya pun berkembang. Si kecil mulai menunjukkan kemampuan untuk mengontrol dan mengordinasikan otot-otot kecil pada jari, tangan, dan pergelangan. Ini memungkinkannya untuk menggambar atau makan dengan sendok.
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka