Senin, 20 Desember 2010

Mimpi Membuat Daya Ingat Lebih Baik


Detail Berita

ANDA sering bermimpi? Jika iya, Anda beruntung. Pasalnya, mimpi bisa bantu daya ingat Anda lebih oke.

Demikian hasil penelitian terbaru yang dilakukan Universitas California. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa bermimpi membantu orang untuk menyimpan ingatan seseorang lebih baik. Pada kenyataannya, pergerakan mata saat tertidur, di mana salah satu tingkatan tidur saat seseorang bermimpi, merupakan salah satu bagian penyimpanan ingatan. Demikian laporan Daily Express yang dikutip Times of India, Senin (20/12/2010).

Pada penelitian tersebut, Dr Sara Mednick selaku pemimpin penelitian dan peneliti tidur Universitas California memberikan sekelompok orang ujian mengingat sederhana. Mereka kemudian diuji kembali setelah tidur siang dengan mengalami dan tidak mengalami pergerakan mata saat tertidur. 


Ternyata pada tidur siang tanpa pergerakan mata saat tertidur, terbukti tidak adanya kemajuan pada ujian ingatan tersebut. Tapi pada mereka yang tidur siang dengan pergerakan mata saat tertidur, kemajuannya hampir 40 persen.

“Pergerakan mata saat tertidur, cukup vital untuk menggabungkan seluruh informasi yang kita lalui setiap hari, dan membuatnya menjadi ingatan untuk digunakan di lain waktu. Hal ini membantu kita mengerti lebih baik keuntungan dari tidur,” jelas Dr Sara.

Sementara itu, profesor psikologi Daniel Schacter dari Harvard mengklaim bahwa ingatan yang bagus membantu manusia melihat masa depannya lebih baik.

“Ingatan membantu informasi dalam pikiran kita untuk kegiatan di masa mendatang,” tutup Daniel.
(tty)
 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka