Selasa, 15 Juni 2010

Cara Menghadapi Stres

Masalah pekerjaan, keluarga, maupun masalah pribadi yang menumpuk tanpa disadari dapat menyebabkan efek panjang pada tubuh dan jiwa seseorang. Keadaan itulah yang sering disebut stress. Utuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita menghindari stress dengan cara berikut : 

 Energi positif Keluarkan energi ponditif di dalam diri kita dengan selalu berpikiran optimis dalam menghadapi setiap permasalahan. Sadarilah bahwa dalam setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Sebaiknya jangan bersikap terlalu keras pada diri sendiri karena setiap rencana yang telah kita buat belum tentu dapat tercapai. Bersikaplah lebih flexible sehinggan kita dapat lebih menikmati indahnya hidup. 

Menjaga kesehatan Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jagalah kesehatan tubuh kita dengan berolah raga yang teratur, tidur yang cukup, dan konsumsi makanan yang bergizi, Olah tubuh dapat merangsang keluarnya endorphine, yaitu zat yang membuat tubuh merasa nyaman, sehingga orang yan berolah raga terautu biasanya didukung juga pola makan yang sehat dan istirahat yang baik.

 Kendalikan emosi Cara termudah untuk mengendalikan emosi adalah dengan minum air putih yang banyak saat emosi mulai memuncak. Air putih dapat menenangkan emosi dan membantu kita untuk berpikir lebih jernih. Emosi yang berlebihan justru dapat memicu terjadinya stress. 

Bersikaplah lebih sabar dan berpikir lebih luas agar memahami setiap masalah dengan jernih. Istirahat sejenak Luangkan sedikit waktu untuk beristirahat. Gunakan hari libur dengan baik , khususnya untuk memanjakan diri dan keluar dari rutinitas sehari-hari. Berkumpullah dengan keluarga atau teman –teman merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan energi positif serta semangat baru.

 Terbuka Jangan pendam masalah kita sendirian. Seperti pepatah yang mengatakan, that what friends are for . Dengan berbagi cerita kepada orang kita percaya, maka beban kita akan terasa lebih ringan dan tidak mengendap di dalam pikiran. Tingkatkan rasa humor, secar klinis, humor dapat juga digunakan untuk mengatasi rasa stress, dan humor juga perlu dilakukan agar syaraf tidak terlalu tegang dan tubuh dapat berelaksasi.
Selamat mencoba , semoga bermanfaat dan berguna untuk anda..copy paste di bolehkan, asal tidak menjelek2kan artikel ini yang telah dibuat.Terima kasih telah berkunjung di Ihsan_blogs .. created by IHSAN.
Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka