Selasa, 14 September 2010

Mengenal lebih jauh tentang "Death Note "

Berawal dari sebuah buku yang dijatuhkan oleh seorang shinigami [Dewa kematian]. Light Yagami, seorang siswa SMA yang jenius, selalu mendapatkan nilai yang perfect dalam bidang akademik maupun olahraga. Secara kebetulan ketika dia hendak membeli minuman dia menemukan buku itu.

Dalam buku itu tertulis:

  • The human whose name is written in this note shall die
  • This note will not take effect unless the writer has the subject’s face in their mind when writing his/her name. Therefore, people sharing the same name will not be affected,  if the cause of death is written within 40 seconds of writing the subject’s name, it will happen
  • If the cause of death is not specified, the subject will simply die of a heart attack
  • After writing the cause of death, the details of the death should be written in the next 6 minutes and 40 seconds.
Mulanya Light tidak percaya dengan kekuatan death note itu, namun pada akhirnya dia percaya setelah mencobanya dengan menuliskan sebuah nama dan ternyata beberapa saat kemudia orang tersebut meninggal. Ditambah lagi dengan kemunculan Shinigami ryuk yang menampakan dirinya di hadapan Light. Light yang memang sudah muak dengan realita kehidupan yang dilihatnya langsung terpikir untuk menciptakan dunia ideal dimana tidak ada satupun orang jahat yang hidup di sana. Dengan cita-citanya itu light secara terkonsep membunuh para pelaku kriminal yang datanya dia lihat dari berita televisi, koran, internet bahkan dari kejadian yang dia lihat sendiri dan dari database kepolisian pusat (karena kebetulan ayahnya adalah seorang kepala kepolisian Jepang). Dengan melakukan hal itu Light Yagami untuk menciptakan dunia yang bersih dari kejahatan (utopia) terkadang dia merasa bahwa dirinya bagaikan dewa.

L lawliet, seorang detective handal di Jepang merasa perlu menyelidiki fenomena kematian yang aneh yang terjadi di sekitar Jepang.  Pada basicnya L memanglah sosok yang cerdas dan serba ingin tahu sehingga dengan tidak sulit ia dapat membaca pola mengenai cara kematian dan orang-orang yang mati pada fenomena kematian tersebut. Merasa bahwa semakin hari tingkat kematian tersebut semakin merisaukan dan perlu ditangani akhirnya dibuatlah tim investigasi khusus oleh FBI yang diketuai oleh ayah Light Yagami (Kepala Kepolisian Jepang) dan dimotori oleh L.

Merasa Terancam dan takut terbongkar Light Yagami membunuh para FBI yang menyelidikinya. Ambisi L berubah seiring dengan berjalannya waktu dan semakin bertambahnya orang-orang yang mencekamnya (disamping itu tak kalah banyak juga orang-orang yang mendukung Light yang dikenal secara abstrak oleh dunia sebagai sosok dewa pembela kebenaran, pembasmi kejahatan. Bahkan mereka membuat komunitas tersendiri guna mendukung L, merka menyebut L Yagami sebagai kira -asal katanya dari killer yang artinya pembunuh-).

Akhirnya terjadilah pertempuran otak antara kira dan L. Pertempuran yang luar biasa. Kelebihan light yang memiliki death note yang bisa dengan mudah membunuh orang hanya dengan mengetahui nama aslinya dan membayangkan wajahnya tanpa harus menyentuh target pembunuhan vs L yang mampu membuat kondisi sedemikina rupa sehingga sulit bagi L untuk membunuhnya. 

L yang telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengetahui identitas sebenarnya dari seorang kira vs Kira yang punya banyak cara untuk tetap tampak tidak terlihat di permukaan dunia dengan bantuan death  note super power itu dan seorang shinigami bernama Ryuk. Permainan strategi Light vs permainan strategi L.

Ditengah-tengah suasana yang semakin dibuat rumit oleh Light Yagami, munculah kira kedua seorang artis wanita Jepang yang cantik dan manja, namnya Misa Amane. Terjerat cinta oleh Light Yagami yang memang disukai oleh banyak gadis Jepang karena ketampanan dan prestasinya.

Sampai situ semakin menegangkan saja alur ceritanya, apalagi mengingat bahwa ayah Light sendiri yang secara langsung ikut menyeledikinya kira dan mengingat bahwa Light Yagami dapat dengan mudah menyusup ke database tim khusus penyelidik untuk mengathui progress penyelidikan.

Whoaaamh, lelah bercerita. Eh iya kan awalnya death note hanya berupa komik yang bikinnya tuh Tsugumi Ohba dibantu diilustrasikan oleh Takeshi Obata. Amazing sekali! Perkembangan peredaran death note itu awalnya komik terus lanjut ke movie, tapi beda banget movie sama komiknya. Kalau saya pribadi sih lebih ngfans sama komiknya, berhubung saya tergila-gila dengan L dan sangat mengecam Light Yagami (meskipun sebenarnya saya juga masih bingung diantara keduanya mana yang salah dan mana yang benar). Di komik, Light Yagami mati dengan mengenaskan, ketakutan sampai berteriak dan memohon-mohon pada shinigami untuk menolongya tapi kalau di movie L lah yang mati. Eh tapi L Lawliet tampak sangat berkharisma kalo di movie, Pemeran L nya (Kenichi Matsuyama) cakep sekali ♥.♥ hihi
Oh iya ada satu tokoh amazing lagi yang lupa saya sebutkan di cerita tadi. (udah males ngelanjutin cerita d atas jadi di tulis di sini aja yah). Namanya Near dan Mello, mereka adalah anak asuhan L Lawliet, saya lebih suka mnyebutnya begini Mello+Near=L generasi ke-2, dan saya Ligar Patra Yuniar=L generasi ke-3 bahahaha (*bletak! :langsung dilemparin tomat sama yang baca:) Sebenernya Near dan Mellow adalah sosok yang kontradiktif, Mello adalah orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan Deathnote (Sekalipun jika harus mencelakakan orang lain termasuk Near) namun Near lebih berkepala dingin dia lebih tampak seperti L Lawliet, tenang dan melangkah dengan jalan yang seharusnya. Tapi pada akhirnya mereka yang bersebrangan itulah yang pada akhirnya mengungkap fakta mengenai death note dan Kira (dengan meneruskan perjuangan L yang progressnya sebenarnya sudah hampir mendekati tahap pembuktian). Sebenernya sebelum L akhirnya terbunuh oleh si Light dia telah menarik kesimpulan bahwa 99,9 persen Kira itu adalah Light, namun karena memang ada darah penyelidik dalam diri L dan dia adalah orang yang menjunjung tinggi kode etik detective yang tidak akan men-judge orang lain sebelum persentase kemungkinan penuduhannya mencapai 100 persen maka ia terus mencari 0,1 persen yang belum lengkap itu, namun sebelum angka tersebut diggenggam Kira telah berhasil melumpuhkannya. Tapi untung ada Near dan Mello.

Meski keberadaan death note di dunia komik telah lumayan lama, tapi never be bored to talk about that again and again.
Lebih seru kalau dibaca sendiri, silakan download:


Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7
Volume 8
Volume 9
Volume 10
Volume 11
Volume 12
Special Volume
Atau serial animenya:
Death Note 01 – Rebirth.avi
Death Note 02 – Confrontation.avi
Death Note 03 – Transaction.avi
Death Note 04 – Pursuit.avi
Death Note 05 – Bargaining.avi
Death Note 06 – Open Seam.avi
Death Note 07 – Clouded Sky.avi
Death Note 08 – Gaze.avi
Death Note 09 – Contact.avi
Death Note 10 – Suspicion.avi
Death Note 11 – Break-in.avi
Death Note 12 – Love.avi
Death Note 13 – Confession.avi
Death Note 14 – Friend.avi
Death Note 15 – Gamble.avi
Death Note 16 – Decision.avi
Death Note 17 – Execution.avi
Death Note 18 – Comrade.avi
Death Note 19 – Matsuda.avi
Death Note 20 – Makeshift.avi
Death Note 21 – Activity.avi
Death Note 22 – Guidance.avi
Death Note 23 – Mania.avi
Death Note 24 – Revival.avi
Death Note 25 – Silence.avi
Death Note 26 – Reincarnation.avi
Death Note 27 – Abduction.avi
Death Note 28 – Impatience.avi
Death Note 29 – Father.avi
Death Note 30 – Justice.avi
Death Note 31 – Transfer.avi
Death Note 32 – Selection.avi
Death Note 33 – Ridicule.avi
Death Note 34 – Vigilance.avi
Death Note 35 – Murderous Intent.avi
Death Note 36 – 1.28.avi
Death Note 37 – New World.avi
End

Salam anime, Salam Deathnote


kirim komentar anda melalui emai disini


Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka