Jumat, 17 September 2010

Tips 3 Hal Dasar Merawat Bayi


Merawat bayi yang baru lahir pastinya bisa membuat Anda panik atau kebingungan sendiri. Tak jarang Anda mungkin sama sekali tak tahu harus berbuat apa. Simak beberapa hal berikut yang bisa Anda lakukan untuk mengasuh buah hati Anda.

Minimnya pengetahuan bisa membuat Anda "buntu" mengenai perawatan bayi. Padahal faktanya, merawat bayi merupakan pekerjaan yang umum yang bisa Anda pelajarai jauh sebelum Anda menjadi orang tua. Bila Anda merasa kurang pengalaman dalam merawat bayi, maka jangan sungkan untuk menggali pengetahuan, sharing dengan kawan atau mencari informasi lain yang berguna bagi Anda dan bayi Anda.

Ada 3 hal dasar yang setidaknya harus Anda perhatikan. Yaitu, memberi makan, menidurkan, dan faktor kesehatan yang tak boleh luput dari penjagaan Anda.

Memberi makan bayi Anda, bukan hanya harus memperhatikan menu tetapi juga kandungan gizi, dan nutrisi serta apa saja yang penting untuk bayi seusianya. Hal ini penting karena merupakan modal awalnya untuk tumbuh dan berkembang. Sebut saja, di 6bulan pertama Anda memberikannya ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif. Selain membangun hubungan antara Anda dan bayi Anda, ASI juga kaya manfaat, antibodi untuk sang buah hati dalam memulai hidupnya.

Tidur. Tidur merupakan hal alami yang setiap orang pasti mengalaminya. Tetapi untuk tertidur, Anda harus melatih bayi Anda untuk melakukannya. Anda perlu mengajarkannya waktu tidur guna menghindari terbangun tengah malam lebih dari tiga kali yang bisa menganggu jam tidurnya. Membiasakannya mematuhi jam tidur, bayi Anda akan merasa lebih nyaman keesokan harinya.

Sementara itu, kesehatan merupakan faktor penting lain yang tak boleh Anda lupakan. Jagalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi Anda agar tetap bersaih dan higienis. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah dehidrasi. Karena itu pastikan bayi anda tetap dalam kondisi nyaman dengan jumlah cairan yang cukup, udara yang sejuk dan segeralah menghubungi dokter bila terjadi sesuatu pada bayi Anda.

Semakin banyak informasi dan pembelajaran yang Anda dapatkan mengenai pengasuhan bayi, Anda akan merasa semakin nyaman dalam merawat bayi Anda. Ingatlah, bahwa setiap anak dilahirkan berbeda, jadi bersabarlah dan nikmatilah saat-saat menjadi orang tua.

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka