Jumat, 17 September 2010

Perumahan ALAYA di SAMARINDA


SAMARINDA memiliki segudang potensi ekonomi dan bisnis. Karena dengan persebaran sumber daya alam yang ada di seluruh Kaltim, semuanya akan tetap bermuara ke Kota Tepian sebagai sentra administrasi dan ibu kota.

Pentingnya Pembangunan Kawasan Terpadu
Kawasan terpadu (Mixed Use Development) tidak bisa dielakkan seiring peningkatan dan perkembangan Samarinda khususnya dan Kaltim pada umumnya sebagai kebutuhan masa depan masyarakat Samarinda.

Pembangunan kawasan bisnis terpadu memiliki fasilitas yang luar biasa lengkap, cocok untuk orang yang memiliki aktivitas tinggi, ingin memperoleh semua kebutuhan dengan cepat, diarahkan untuk menyediakan hunian, pusat perdagangan dan bisnis dalam skala pelayanan kota, pusat belanja dan rekreasi dibangun dengan memperhatikan kesesuaian dengan lingkungan yaitu dengan meminimalisir dampak negatif lingkungan seperti mengganti fungsi hutan.

Satu yang akan ditawarkan adalah Kawasan Terpadu Alaya, pengembangan superblok pertama di Samarinda yang menggabungkan hunian hijau yang ramah lingkungan dengan pusat bisnis serta area perbelanjaan yang akan menjadi area rekreasi keluarga yang nyaman dan menyenangkan.

Kawasan Terpadu Alaya dikembangkan oleh PT Timur Adyacitra. Berada di sisi utara kota Samarinda, berada di bukit Alaya, dengan kontur tanahnya yang tinggi sangat memungkinkan Alaya menjadi kawasan bebas banjir dan pemandangan kota Samarinda akan menjadi daya tarik tersendiri yang tiada duanya.
Lokasi Kawasan Terpadu Alaya, dapat dicapai dari arah Samarinda melalui Jl Achmad Yani sedangkan dari arah Balikpapan atau Bontang melalui akses Jl DI Pandjaitan. Lalu Kawasan Terpadu Alaya sendiri telah membangun jalan tembus Jl Bukit Alaya sepanjang 1 km memanjang mulai dari Jl Achmad Yani tembus ke ujung Jl DI Pandjaitan.

”Samarinda sebagai kota besar dengan kekayaan alam yang berlimpah dan perkembangan pembangunan yang pesat, saatnya membutuhkan kawasan terpadu dimana terdapat satu perumahan berdekatan dengan pusat bisnis yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan area hiburan lain, yang akan menjadi sarana rekreasi keluarga yang menyenangkan, karena lokasi yang berdekatan,” ungkap Tony Widjaja, Direktur PT Timur Adyacitra Developer Kawasan Terpadu Alaya, pengembang lokal yang telah berpengalaman dalam pembangunan perumahan Pondok Surya Indah, Mahakam Square, City View dan beberapa properti di Samarinda.

Kawasan Terpadu Alaya berada di lahan seluas 53 hektare, dimana untuk tahap awal menawarkan hunian dengan sistem cluster, komersial atau bisnis, tahap selanjutnya akan membangun pusat rekreasi, hiburan dan belanja keluarga yang kami beri nama Entertainment Mall.

”Kami telah siapkan Kawasan Terpadu Alaya sejak beberapa tahun yang lalu dimana jalan-jalan utama telah dibangun juga taman, dan pepohonan telah kami tanam, agar saatnya dihuni pepohonan sudah rimbun dan teduh sehingga keasrian dan kenyamanan langsung dapat dirasakan,” tambah Tony.

Hunian (living)
Hunian dikembangkan dalam lima pilihan cluster yang semuanya berdekatan dengan kawasan komersial, namun memiliki akses jalan yang berbeda. Semua cluster tersebut dapat dicapai melalui jalan khusus Alaya Hijau, jalan dengan hijau sesungguhnya dilengkapi dengan jalur pejalan kaki dan jalur sepeda.
Disisi Barat cluster hunian membentang Green Belt dari utara ke selatan sepanjang 2,2 km yang merupakan “Hutan Pinus”. Berbagai fasilitas seperti Jogging Track, gazebo, Viewing Deck, dan Children Playground tersebar sepanjang Green Belt tersebut serta bermuara ke bagian tengah kawasan dimana terdapat Club House dan danau.
Club House dengan pemandangan danau, dilengkapi dengan kolam renang, fitness dan arena bermain anak merupakan fasilitas bersama komunitas Alaya. Ditengah suasana resort ini pula, memungkinkan warga untuk mengundang sanak saudara dan kerabat lainnya untuk bersama-sama merayakan pesta atau acara lainnya. Sesuatu yang menyenangkan dan membanggakan.

Area Komersial dan Bisnis
Bisnis retail maupun perkantoran menunjukkan pertumbuhan yang pesat di Samarinda. Banyak yang tumbuh dengan sporadis tanpa perencanaan yang baik, sehingga sulit ditemui daerah bisnis yang strategis, nyaman, aman, serta representatif. Menyadari kebutuhan Samarinda sebagai ibu kota provinsi, maka Alaya mencoba untuk membuat wajah kota yang baru untuk membentuk kawasan bisnis yang bisa dibanggakan.
Untuk tahap awal sebelum dibangun high rise, produk yang akan ditawarkan pada awal Oktober mendatang adalah Mini Office dan rukan (rumah kantor) eksklusif yang dibangun sepanjang jalan masuk Alaya dari sisi utara, selanjutnya kawasan ini dinamai Alaya Business Park (ABP). Kelak di kawasan ini pula direncanakan hadir Office Tower, hotel, dan business centre.

Area Rekreasi (Play and Fun)
Dalam Kawasan Terpadu Alaya, juga akan dibangun entertainment Mall yang bukan sekedar lokasi perbelanjaan tetapi dilengkapi dengan sarana hiburan untuk keluarga, dan kini dalam Kawasan Terpadu Alaya, tersedia kawasan Alaya Street Festival, sarana belanja, hiburan dan rekreasi bersama keluarga dan mitra kerja, tempat kongkow-kongkow yang nyaman dilokasi yang aman dan menyenangkan.
Sebelum dibangun mal tersebut, dalam waktu singkat akan dibangun tempat rekreasi baru persis didepan marketing office yang ada. Alaya Street Festival (ASF) dimana menawarkan konsep Fun, Food and Festival yang dikemas menjadi satu. Suasana makan di ruang terbuka, dilengkapi dengan permainan Flying Fox, bola air, Bumper Boat, aneka sepeda dan becak, serta masih banyak permainan seru lainnya.

Sebuah alternatif rekreasi keluarga di Samarinda ini nantinya hanya beroperasi di sore dan malam hari saja (pukul 16.00 sampai 22.00 Wita)
Kalau Singapore punya Orchard Road, Malaysia dikenal dengan Jalan Bukit Bintangnya, kelak Samarinda akan dikenal dengan Jalan Bukit Alaya, dimana kawasan tersebut dibangun secara terpadu dengan formula Work+Fun+Living.

 
kirim komentar anda melalui emai disini

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka