Sabtu, 28 Agustus 2010

Tips & Trik Mengetahui Perbedaan antara www dan non-www?

Sadarkah kamu kalau kita ingin mengunjungi suatu situs, kita terkadang menuliskan situs tersebut dengan awalan www tapi terkadang kita menulisnya tanpa awalan www? Misalnya kamu ingin mengunjungi blog saya ini. Sebagian mungkin menuliskannya di address bar sebagai www.trik-online.com dan sebagian lagi hanya menulisnya trik-online.com.
 
Nah yang jadi pertanyaan, adakah perbedaannya?

Ternyata jawabannya ADA!


Begini, pada kenyataannya pihak Google sendiri membedakan antara www dan non-www. Sehingga bukan mustahil bila PageRank suatu situs, katakanlah www.domainsaya.com bisa berbeda dengan domainsaya.com. Jadi cukup bahaya bagi kita yang ingin meningkatkan popularitas situs kita dan ternyata tanpa sadar kita membagi popularitas situs kita menjadi dua, satu dengan www, satu lagi tanpa www sehingga tidak akan maksimal.
Apakah ada solusinya?
Untungnya jawabannya juga ADA!:woot:


Kita dapat memberitahu Google bahwa kedua domain itu adalah sama, untuk itu kamu perlu sebuah akun Google untuk melakukannya. Maaf agak out of topic, tapi saya merekomendasikan untuk para pembaca agar mempunyai akun di Google. Sebagian besar mengira akun Google hanya dapat dipakai sebagai layanan email, atau kita sering mendengarnya sebagai Gmail. Padahal Google menyediakan banyak fasilitas yang hanya bisa dipakai bila kita memiliki akun ini. Contoh selain Gmail adalah layanan blogger.com, adsense, dan webmasters tools yang akan saya singgung sedikit sekarang.
Kembali ke topik utama, untuk memberitahu Google bahwa kedua domain tersebut adalah sama, caranya sebagai berikut:
  1. Masuk ke http://www.google.com/webmasters/tools, bila belum login akun Google, nanti kamu akan diminta untuk login terlebih dahulu
  2. Daftarkan kedua situs kamu dengan cara memlih Add a site…, lalu tulis alamat situs kamu. Contohnya www.trik-online.com dan trik-online.com
  3. Verify kedua situs kamu. Saya sendiri melakukannya dengan meng-copy kode meta tag yang diberikan dan mem-paste-kannya di script situs saya di antara tag dan (hal ini cukup dilakukan sekali saja, toh mau pakai www ataupun tidak, script situs kita cuma satu itu saja). Bila sudah, klik Verify
  4. Pilih salah satu domain kamu dan kamu akan masuk ke dalam Dashboard. Di sini, klik Site Configuration, lalu Settings
  5. Di segmen Preferred domain, pilih sesuai keinginan kamu, apakah kamu ingin situs kamu dikenal dengan awalan www atau non-www. Dalam hal ini saya memilih ‘Display URLs as trik-online.com’ sehingga situs saya akan dikenal sebagai trik-online.com, tanpa awalan www.
Sekarang coba akses situs kamu dengan awalan www dan tanpa awalan www, bila kedua kedua halaman yang ditampilkan sudah sama, berarti kamu sudah berhasil. Sebagai contoh, coba ketikkan di address bar kamu www.trik-online.com. Apa yang terjadi? Ternyata secara otomatis akan berubah menjadi trik-online.com 
 
Sip, sekarang kamu punya situs yang lebih terfokus, tergantung pilihan kamu, dengan www atau tanpa www. Saya sendiri menggunakan yang tanpa www. Dan selama ini setiap saya mendaftarkan situs saya di manapun, saya selalu menuliskannya sebagai http://trik-online.com
Menurut beberapa referensi, hal ini jangan diremehkan. Bila kita membiarkan situs kita terbagi menjadi 2, dengan www dan tanpa www, bisa-bisa berakibat fatal terhadap rank situs kita. Yah, jadi lebih aman bila kita memfokuskan pada salah satunya saja.
Oke, semoga tips di atas cukup membantu! 
kirim komentar anda melalui emai disini
Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka