Jumat, 25 Juni 2010

Tips Jitu untuk Melakukan Speed Reading



Membaca buku, kita tahu merupakan salah satu elemen penting untuk merekahkan wawasan, mengembangkan pengetahuan, dan terus mengasah ilmu. Tanpa kegigihan untuk melakoni proses membaca dengan penuh kesuntukan, jagat pengetahuan kita mungkin akan selalu tergeletak dalam keremangan. Buram dan tidak mencerahkan.

Namun sialnya, ada begitu banyak pilihan buku yang menarik untuk dibaca, sementara waktu kita sungguh sangat terbatas. Rutinitas pekerjaan sehari-hari acap merenggut hampir semua waktu yang kita miliki. Setelah itu, kita mungkin sudah tergolek lelah untuk sekedar membuka selembar, dua lembar buku yang terus teronggok dalam kesunyian.

Beruntung telah hadir sebuah buku yang sangat memikat dan aplikatif mengenai teknik untuk melakukan speed reading. Ditulis oleh salah satu pakar speed reading tanah air bernama Mohammad Noer, buku ini dengan sangat ekspansif mendedahkan beragam teknik aplikatif yang mudah dicerna dan dipraktekkan. Banyak bagian buku ini yang juga dijadikan bahan eksperimen dimana Anda bisa secara langsung mempraktekkan effective speed reading.

Ada banyak bahasan yang dibentangkan dalam buku itu. Disana misalnya dibahas mengenai pengertian speed reading, dan beragam mitos yang melatarinya. Selain itu dibahas juga mengenai hambatan-hambatan utama dalam melakoni proses membaca : misalnya hambatan sulit konsentrasi untuk membaca, atau hambatan berupa sikap mudah “menyerah” ketika membaca buku yang relatif tebal, dan dengan topik yang rada-rada berat.

Setelah membahas beragam hambatan itu, buku ini kemudian segera memberikan serangkaian tips praktis untuk mengatasinya. Tak pelak rangkaian tips praktis ini telah menyodorkan manfaat yang tak terkira untuk mendorong kita tekun membaca buku.

Dalam bagian lain, buku ini juga membahas mengenai kebiasaan buruk dalam membaca, seperti vokalisasi (membaca sambil melafalkan apa yang dibaca melalui bibir), sub vokalisasi (membaca sambil melafalkan apa yang dibaca melalui hati), atau juga melakukan gerakan kepala.

Bagian penting lain dalam buku ini, saya kira terletak dalam pembahasan mengenai pentingnya menangkap setiap gagasan utama yang terkandung dalam suatu bab, paragraf atau lembar buku yang tengah dibaca.

Dengan kata lain, ketika Anda membaca paragraf demi paragraf, maka segera kuasai dan pahami ide utama yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Jangan terjebak pada detil yang bisa membingungkan Anda. Ketika Anda sudah bisa menangkap ide utama, maka hal-hal yang lebih detil bisa kemudian dikuasai dengan mudah.

Teknik yang bisa kita lakukan untuk merengkuh gagasan utama adalah dengan menangkap kata-kata penting dalam sebuah kalimat, dan meninggalkan kata-kata yang tidak terlalu penting. Apakah nanti akan ada pengertian yang hilang? Jangan khawatir, kita tidak akan kehilangan pengertian sedikitpun.

Dari sekian banyak kata dalam sebuah kalimat, sebuah paragraf, atau sebuah buku, maka akan selalu ada kata-kata penting dan utama yang menjadi pokok pikiran, serta kata-lata lain yang merupakan kata bantu yang jika dihilangkan tidak akan menghilangkan makna gagasan utama.

Teknik membaca lain yang disajikan dalam buku ini adalah apa yang disebut sebagai active reading. Membaca aktif ini mengandaikan kita telah memiliki sejumlah pertanyaan yang kita simpan di kepala, dan kita segera mengajukannya persis ketika kita membaca. Dengan menyiapkan serangkaian pertanyaan dalam benak kita, maka proses membaca dapat dilakukan secara efektif, cepat dan sekaligus membuat pemahaman kita menjadi lebih kokoh terbangun.

Melalui proses active reading, kita seolah didorong untuk melakukan “dialog” dengan penulis buku, dan berdasar pengalaman yang acap saya lakukan, proses membaca semacam ini biasanya akan meningkatkan level pemahaman kita akan gagasan pokok yang tercantum dalam sebuah buku.

Dengan ditopang oleh beragam penjelasan yang mendalam dan detil, buku speed reading ini tak pelak akan memberikan banyak manfaat bagi para penggiat kegiatan membaca. Dan bagi para penikmat buku, tak ada yang lebih indah selain menemukan teknik untuk bisa membaca dengan lebih cepat namun tetap efektif.


Selamat mencoba , semoga bermanfaat dan berguna untuk anda..copy paste di bolehkan, asal tidak menjelek2kan artikel ini yang telah dibuat.Terima kasih telah berkunjung di Ihsan_blogs .. created by IHSAN.

Tukaran LINK disini
Kolom blog tutorial

Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka