Sabtu, 14 Agustus 2010

Manfaat Rajin Berolahraga


Anda pasti sudah mengetahui dampak positif berolahrga bagi tubuh. Seperti mengencangkan otot, memperkuat tulang, melenturkan tubuh dan masih banyak lagi.
Selain meningkatkan kesehatan tubuh, ada manfaat lain dari berolaharaga yang mungkin belum Anda tahu. 
Untuk itu segera ketahui manfaat dan keuntungan lain dari berolahraga agar bisa menjadi motivasi saat Anda melakukannya. 

1. Meningkatkan kemampuan berbahasa
Menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Muenster di Jerman, seseorang yang berlari sprint selama 3 menit, akan menyerap bahasa asing lebih cepat 20%. Biarkan jantung berdetak kencang karena akan meningkatkan aliran darah ke otak, dan hal itu bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat bahasa asing. Sambil berlari Anda bisa melafalkan kata-kata baru dari bahasa asing yang mungkin baru Anda pelajari.

2. Mengurangi rasa nyeri
Seringkali saat rasa nyeri muncul baik di punggung, lutut, atau leher, kita mengatasinya dengan berbaring seharian. Ternyata, hal itu malah membuat rasa nyeri makin bertambah. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut sebaiknya Anda berolahraga. "Orang dewasa yang melakukan latihan aerobik secara teratur akan mengurangi resiko nyeri otot hingga 25%," kata Bonnie Bruce, peneliti dari Stanford Research Scientist, seperti vivanews kutip dari Real simple, 8 Oktober 2009.

3. Lebih bahagia dan bersemangat
Gaya hidup aktif dan sehat akan berdampak positif pada keadaan psikologis seseorang. Penelitian yang dilakukan tim dari University of Bristol, di Inggris mengungkapkan seseorang yang berolahraga secara teratur, pribadinya akan lebih menyenangkan dan selalu bersemangat.

4. Gigi dan mulut lebih sehat
Selain menyikat gigi secara teratur, kesehatan gigi juga dapat ditingkatkan dengan berolahraga. Penelitian yang dilakukan oleh Mohammad Al-Zahrani, PhD, dari Case Western Reserve University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa orang dewasa yang berolahraga selama 30 menit, 5 kali atau lebih setiap minggunya, saat tua nanti bisa menurunkan resiko terkena infeksi gigi dan gusi hingga 42%.

5. Mempertahankan fungsi mata
Apapun yang bagus untuk jantung, pasti baik juga untuk mata. Olahraga bisa menurunkan resiko penyakit degeneratif seperti menurunnya fungsi mata hingga 70%. Hal tersebut berdasarkan laporan British Journal of Ophthalmology, yang meneliti sebanyak 4.000 orang dewasa.    

kirim komentar anda melalui emai disini




















Baca Juga Yang Lainnya Tentang :

Kata Mereka